Anggota DPR laporkan rekan bisnis soal dugaan penipuan ke Polda Metro

Anggota DPR laporkan rekan bisnis  soal dugaan penipuan ke Polda Metro

ilustrasi - Penipuan investasi. ANTARA/Ardika/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Singgih Januratmoko melaporkan seorang rekan bisnisnya berinisial JCK soal dugaan tindak pidana penipuan investasi pengelolaan lahan parkir ke Polda Metro Jaya

"Modusnya menawarkan investasi pengelolaan lahan parkir," kata pengacara Singgih, Andi Syahputra saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pegadaian-Kejati DKI imbau warga waspadai penipuan lelang daring

Andi menyebutkan kliennya melaporkan JCK berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/7369/XII/YAN.2.5/2020/ SPKT PMJ, tanggal 11 Desember 2020, dengan sangkaan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP.

Andi menjelaskan awalnya Singgih bertemu rekannya bernama ADR yang memperkenalkannya kepada JCK pada Mei 2020 untuk bisnis ayam potong dengan modal Rp150 juta, namun usaha tersebut tidak terealisasi karena kuotanya sudah habis.

Kemudian, JCK menawari Singgih investasi pengelolaan lahar parkir yang dinaungi perusahaan terbatas (PT) pada tiga lokasi, yakni Mal Atrium Senen, ITC Cempaka Mas, dan Cibubur Junction.

Baca juga: Seorang warga Jaksel jadi korban penipuan bermodus "debt collector"

Andi mengungkapkan Singgih telah menyerahkan modal investasi pengelolaan parkir lahan parkir tersebut senilai Rp3,4 miliar yang dilakukan empat tahap kepada JCK.

"Pada bulan Juli ini lagi masa pandemi, jadi agak susah untuk dilakukan realisasi,” ujar Andi.

Namun pada September, kata dia, korban Singgih terus menagih untuk realisasi tapi terlapor JCK kembali beralasan dan sulit dihubungi karena terjangkit COVID-19.

Baca juga: Polres Jakarta Utara ungkap penipuan jual beli tanah

Singgih sempat menelusuri perusahaan PT SW sebagai pengelola lahan parkir, namun diketahui perusahaan tersebut menjalankan bisnis lahan parkir fiktif.

Selain Singgih, diduga JCK telah menipu beberapa orang dengan modus penawaran bisnis investasi lahan parkir bodong.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020