Jakarta (ANTARA) - Young Boys menundukkan tamunya CFR Cluj dengan skor 2-1 pada pertandingan terakhir Grup A Liga Europa, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB, untuk mendampingi AS Roma ke putaran 32 besar.

Kemenangan itu membawa klub Swiss tersebut berhak menduduki posisi kedua di klasemen akhir grup dengan koleksi sepuluh poin, sedangkan CFR tertahan di posisi ketiga dengan lima poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Ketiga gol yang tercipta pada laga yang dimainkan di Stadion Wankdorf tersebut tercipta setelah turun minum. Tim tamu CFR memecah kebuntuan pada menit ke-84, diawali sepakan Mario Rondon yang membentur tiang gawang, pemain pengganti Gabriel Debeljuh menjadi orang pertama yang bereaksi dan menyambar bola pantul.

Pada situasi itu, CFR menduduki posisi kedua dengan keunggulan satu poin atas Young Boys. Namun pada menit ke-93, CFR dihukum penalti akibat kiper mereka Cristian Balgradean melanggar Cedric Zesiger di kotak terlarang.

Hal itu mengawali malapetaka bagi CFR. Kiper mereka Balgradean diusir keluar lapangan, dan Jean Pierre Nsame sukses mengeksekusi penalti saat ia menaklukkan kiper pengganti Grzegorz Sandomierski.

Young Boys kemudian berbalik memimpin pada menit ke-96, sekaligus mengamankan langkah mereka ke fase gugur. Dari satu situasi serangan balik, Meschack Elia tidak egois untuk mengoperkan bola kepada Gianluca Gaudino yang sudah menanti di mulut gawang untuk meneruskannya menjadi gol penentu kemenangan.

Menjelang laga usai, CFR bahkan harus kembali kehilangan pemain akibat kartu merah, setelah Dokovic menyusul Balgradean untuk mandi lebih awal.

Baca juga: Rangers mantapkan posisi puncak Grup D setelah menangi laga pemungkas
Baca juga: Arsenal sapu bersih fase grup, Molde susul ke babak 32 besar


CSKA Sofia dapatkan kemenangan hiburan

CSKA Sofia mendapatkan kemenangan hiburan untuk menutup kiprah mereka di Liga Europa musim ini. Menjamu AS Roma, klub Bulgaria itu menghantam lawannya dengan skor 3-1.

Hasil itu tidak berpengaruh pada posisi kedua tim di klasemen. CSKA Sofia tetap menghuni posisi juru kunci dengan lima poin, sedangkan Giallorossi tetap menjuarai klasemen grup.

Roma yang menyimpan sejumlah pemain intinya kemasukan saat laga baru berusia lima menit. Bradley Mazikou mengirim umpan silang yang gagal disambar dengan sempurna oleh Younousse Sankhare. Bola kemudian jatuh ke tepi kotak penalti, dan Tiago Rodrigues sigap melepaskan tembakan mendatar masuk ke gawang tim tamu.

Roma baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Borja Mayoral mengirimkan umpan silang, dan dengan posisi punggung menghadap ke gawang, pemain muda Tommaso Milanese melepaskan tembakan ke sudut gawang untuk menjadi gol debutnya.

CSKA merestorasi keunggulannya pada menit ke-34. Bola sodoran Geferson dapat diteruskan untuk masuk ke sudut gawang Roma oleh Ali Sowe.

Sowe kemudian menggenapi dwigolnya pada menit ke-55. Kapten Roma Federico Fazio mengirimkan operan ke belakang tanpa menengok, dan Sowe yang melihat adanya peluang, segera mengejar dan menyelesaikannya untuk memastikan CSKA menang 3-1.

Baca juga: Sociedad ke babak 32 besar saat AZ terpeleset di markas Rijeka
Baca juga: Leipzig kirim Manchester United ke Liga Europa


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020