73 persen berharap untuk mempertahankan atau meningkatkan penayangan streaming setelah pandemi Covid 

89 persen audiens Asia Tenggara akan menonton iklan dengan imbalan program gratis

Singapura (Antara/Business Wire)- Hari ini, The Trade Desk (NASDAQ: TTD) mengumumkan penelitian terbarunya di pasar Asia Tenggara, menunjukkan bahwa 180 juta konsumen melakukan streaming delapan miliar jam konten over-the-top (OTT) per bulan di seluruh Asia Tenggara - menjadikan OTT salah satu saluran media dengan pertumbuhan tercepat di wilayah tersebut. Layanan OTT memungkinkan audiens untuk melakukan streaming konten video yang diproduksi secara profesional melalui internet sesuai permintaan, dari perangkat apa pun termasuk TV pintar, komputer pribadi, atau perangkat seluler.

Studi yang mensurvei penggunaan dan kebiasaan menonton pada platform OTT di Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam ini, menunjukkan bahwa COVID-19 telah mempercepat adopsi OTT. Lebih dari setengah (57 persen) pengguna OTT mengatakan bahwa mereka melakukan streaming konten OTT lebih banyak selama pandemi. Kebiasaan ini cenderung berlanjut bahkan setelah COVID-19 dengan 73 persen berencana mempertahankan atau meningkatkan konsumsi OTT setelah pandemi berakhir.

“Pandemi telah mendorong peralihan yang dipercepat ke OTT, dan tidak ada jalan untuk mundur. Ini tidak mengherankan, mengingat banyak konsumen telah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, dan konten OTT lebih nyaman dan lebih mudah diakses daripada sebelumnya,” kata SVP The Trade Desk untuk wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru, Mitch Waters. “Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa pergeseran ini hanya terjadi dalam satu arah. Pengiklan memahami ini. Mereka ingin memindahkan kampanye untuk menjangkau konsumen di mana mereka berada, sehingga mereka dapat menerapkan data ke kampanye video dengan cara yang tidak mungkin dilakukan melalui saluran tradisional, seperti TV linier.”

Menggarisbawahi hal ini, studi tersebut juga menunjukkan bahwa OTT berpotensi mengganggu jam tayang utama TV tradisional secara serius. Mayoritas audiens OTT (70 persen) lebih memilih untuk menonton di antara jam 8 malam - 12 pagi, membawa streaming ke kompetisi langsung dengan TV tradisional untuk audiens jam tayang yang berharga. Selain itu, hampir satu dari lima audiens OTT sama sekali tidak menonton TV tradisional dalam tiga bulan sebelum survei. Audiens Asia Tenggara juga mencari OTT untuk konten favorit mereka, dengan 58 persen memilih OTT untuk menonton program favorit mereka versus hanya 48 persen pada siaran tradisional.

Sebagai bagian dari pergeseran ini, audiens Asia Tenggara bersedia menerima iklan untuk konten gratis. Secara regional, lebih dari 100 juta orang menggunakan platform OTT yang didukung iklan, dengan sebagian besar audiens (89 persen) bersedia menonton iklan dengan imbalan pemrograman gratis.

“Karena layanan streaming terus menyediakan konten streaming yang lebih banyak dan lebih kaya untuk memenuhi permintaan konten OTT yang terus meningkat, merek dapat menciptakan pengalaman iklan yang menarik yang ingin dinikmati audiens Asia Tenggara,” ujar Waters. “Dan dengan OTT, pengiklan memiliki kesempatan untuk berinvestasi dalam pendekatan dan platform periklanan berbasis data yang akan membantu mereka berhasil di masa depan TV yang baru ini.”

Temuan utama dari penelitian ini meliputi:

• 180 juta orang Asia Tenggara menggunakan layanan streaming OTT.
• Audiens melakukan streaming delapan miliar jam OTT per bulan di seluruh Asia Tenggara, dengan tiga miliar jam di Indonesia saja. Pasar teratas lainnya termasuk Filipina (2,2 miliar jam streaming/bulan), Thailand (1,41 miliar jam/bulan) dan Vietnam (1 miliar jam/bulan).
• 57 persen audiens OTT telah meningkatkan streaming selama COVID dan 73 persen berencana untuk mempertahankan atau meningkatkan konsumsi OTT bahkan setelah pandemi. Serapan streaming selama COVID menjadi yang tercepat di Indonesia, dengan 66 persen streaming lebih banyak, 59 persen di Vietnam, dan 58 persen di Malaysia.
• Secara regional, 17 persen audiens OTT belum menonton TV tradisional selama tiga bulan sebelum menanggapi survei. Angka itu lebih tinggi di Filipina (22 persen) dan Malaysia (23 persen).
• 89 persen audiens Asia Tenggara akan menonton iklan dengan imbalan konten streaming gratis. Indonesia dan Filipina sangat toleran terhadap iklan, dengan jumlah audiens yang ingin menonton empat atau lebih iklan per jam konten gratis masing-masing sebesar 38 persen dan 42 persen.
• Pengiklan dapat menjangkau lebih dari 100 juta konsumen di Asia Tenggara pada platform yang didukung iklan. Streaming yang didukung iklan sangat populer di Thailand, di mana pengiklan dapat menjangkau 7 dari 10 audiens OTT Thailand.

Metodologi

Laporan ini ditugaskan oleh The Trade Desk dan dilakukan oleh data pemasaran, wawasan, dan konsultasi terkemuka dunia, Kantar. Kantar melakukan survei terhadap 4.500 konsumen berusia 16 tahun ke atas di Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia pada September 2020.

Tentang The Trade Desk

The Trade Desk™ merupakan perusahaan teknologi yang memberdayakan para pembeli periklanan. Melalui platform swalayan berbasis cloudnya, pembeli iklan bisa membuat, mengatur, dan mengoptimisasi kampanye iklan digital di seluruh format dan perangkat iklan. Integrasi dengan mitra data, inventaris, dan penerbit utama memastikan jangkauan maksimal dan kapabilitas pengambilan keputusan, dan API perusahaan memungkinkan pengembangan khusus di atas platform tersebut. Berkantorpusat di Ventura, CA, The Trade Desk memiliki kantor di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi thetradedesk.com atau ikuti kami di Facebook, Twitter, LinkedIn dan YouTube.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20201207006003/en/

Kontak
Jennie Johnson
The Trade Desk

Sumber: The Trade Desk

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020