di Jawa Tengah ada 21 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pesta demokrasi itu
Purwokerto (ANTARA) - Sejumlah wilayah di Jawa Tengah berpotensi diguyur hujan saat pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, kata analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan.

"Besok (9/12) merupakan hari H pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan di Jawa Tengah ada 21 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pesta demokrasi itu," kata Rendi saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Baca juga: BMKG ingatkan cuaca ekstrem berpotensi landa pegunungan tengah Jateng

Ia mengatakan berdasarkan pantauan citra satelit, kondisi cuaca di wilayah Jawa Tengah secara umum cerah berawan pada Rabu (9/12) pagi hingga siang hari, sedangkan pada sore harinya ada potensi hujan di beberapa daerah.

Khusus untuk wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan pegunungan tengah, hujan dengan intensitas ringan dan bersifat lokal berpotensi terjadi pada Rabu (9/12) pagi hingga siang hari di Kabupaten Cilacap bagian timur, Kebumen, Banyumas, sebagian Purbalingga, sebagian Banjarnegara dan sebagian Wonosobo.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi curah hujan tinggi dampak sejumlah fenomena alam

Sementara pada Rabu (9/12) sore hingga malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di hampir semua wilayah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen dan Wonosobo.

"Oleh karena itu, warga yang wilayahnya menyelenggarakan pilkada seperti Purbalingga, Wonosobo dan Kebumen diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan saat datang ke tempat pemungutan suara," kata Rendi.

Baca juga: 300 lebih warga Banjarnegara-Jateng mengungsi akibat longsor

Baca juga: BPBD Banjarnegara kirim perahu karet ke lokasi banjir Purbalingga


Selain itu, kata dia, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Purbalingga, Wonosobo, dan Kebumen diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat saat pelaksanaan penghitungan perolehan suara.

Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi pada Selasa (8/12) sore hingga malam hari di wilayah tersebut.

"Dengan demikian, perlu adanya antisipasi terhadap kemungkinan adanya genangan air di TPS-TPS yang berlokasi di tempat terbuka, termasuk mewaspadai kemungkinan terjadinya angin puting beliung mengingat kondisi cuaca pada Selasa (8/12) pagi hingga siang hari ini terlihat cerah berawan," katanya. 

Baca juga: Bibit siklon di Samudra Hindia selatan Jawa berdampak gelombang tinggi

Baca juga: BMKG: Beberapa wilayah hujan sedang-lebat, sebagian lain cerah berawan


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020