Burnley ditahan imbang Everton dalam laga ke-200 bersama Sean Dyche

Burnley ditahan imbang Everton dalam laga ke-200 bersama Sean Dyche

Bek sayap Burnley Matthew Lowton (kanan) berusaha merebut bola dari penguasaan bek tengah Everton Ben Godfrey dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Sabtu (5/12/2020). ANTARA/REUTERS/POOL/Oli Scarff.

Jakarta (ANTARA) - Burnley ditahan imbang tamunya Everton dengan skor 1-1 dalam pertandingan pekan ke-11 Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu, yang sekaligus menandai laga ke-200 kepemimpinan Sean Dyche bersama The Clarets di kasta tertinggi.

Hasil itu membuat Dyche gagal bergabung dengan empat pelatih lain yang menandai laga ke-200-nya di Liga Premier dengan kemenangan yakni Alan Pardew, Roy Hodgson, Steve Bruce dan Glenn Hoddle.

Burnley mengawali pertandingan dengan sangat baik dan memimpin hanya tiga menit setelah sepak mula melalui gol Robbie Brady.

Berawal dari keberhasilan Ashley Westwood merebut bola dari Abdoulaye Doucoure, ia meneruskannya ke arah Brady yang melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti untuk menaklukkan kiper Jordan Pickford.

Keunggulan itu hampir digandakan pada menit ke-12 ketika Matthew Lowton mengirimkan umpan tarik berbahaya yang berusaha diselesaikan Chris Wood, tetapi Ben Godfrey cukup cermat untuk menghalaunya demi menyelamatkan gawang Everton.

Baca juga: Manajer Burnley tak ambil pusing soal rumor perpindahan kepemilikan

Lantas pada menit ke-41 Burnley punya peluang lain ketika Wood melepaskan tembakan sentuhan pertama menyambut umpan Dwight McNeil, tetapi kali ini Pickord melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Penyelamatan itu disusul dengan keberhasilan Everton menyamakan kedudukan tepat di pengujung injury time babak pertama saat Richarlison mengirim umpan tari ke muka gawang dan Dominic Calvert-Lewin berhasil mengalahkan James Tarkowski serta Ben Mee untuk menyonteknya.

Itu merupakan gol ke-11 Calvert-Lewin musim ini yang membuatnya sementara kokoh memimpin daftar top skor sementara Liga Inggris, dengan keunggulan dua gol atas penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min.

Baik Burnley maupun Everton berusaha untuk mencari gol kemenangan di babak kedua, tetapi Pickford serta Nick Pope tampil cukup sigap mengawal gawang masing-masing.

Baca juga: Ancelotti pilih optimistis walau Lucas Digne menepi 2-3 bulan

Pope melakukan penyelamatan pemungkas pada menit pertama injury time babak kedua saat ia menghalau tembakan Gylfi Sigurdsson, demi memaksakan pertandingan Burnley kontra Everton untuk pertama kalinya berakhir imbang setelah 12 pertemuan sebelumnya selalu ada pemenang.

Hasil imbang membuat Burnley tak beranjak dari zona degradasi tertahan di urutan ke-19 dengan koleksi enam poin, sedangkan Everton (17) sementara naik ke peringkat ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di pertandingan selanjutnya, Burnley akan melawat ke markas Arsenal pada Minggu (13/12) pekan depan, sehari setelah Everton menjamu Chelsea di Goodison Park.

Baca juga: Allegri ingin melatih di Liga Premier Inggris
Baca juga: Solskjaer yang kerepotan menjaga konsistensi
Baca juga: Mikel Arteta sebut Tottenham pantas puncaki klasemen liga Inggris
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020