Trafik penerbangan terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Hal ini menunjukkan semakin pulihnya tingkat kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan transportasi udara
Jakarta (ANTARA) - Trafik penumpang penerbangan di 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) November 2020 naik signifikan 29,1 persen menjadi 2,80 juta penumpang dibanding Oktober 2,17 juta penumpang pada Oktober 2020.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat yaitu sebesar 13 persen, dari 29.975 pergerakan pada Oktober menjadi 33.875 pergerakan pada November. Sedangkan trafik kargo tumbuh tipis hampir 1 persen dari 37,99 juta kilogram pada Oktober menjadi 38,34 juta kilogram pada November.

"Trafik penerbangan terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Hal ini menunjukkan semakin pulihnya tingkat kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan transportasi udara. Namun kami senantiasa mengimbau masyarakat yang melakukan menggunakan transportasi udara untuk mematuhi protokol kesehatan secara konsisten, baik pada tahap pra dan usai perjalanan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Penumpang pesawat domestik anjlok 59,15 persen pada Januari-Oktober

Adapun trafik penumpang tertinggi pada November 2020 terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan trafik sebesar 688.212 penumpang, diikuti Bandara Juanda Surabaya dengan trafik sebesar 557.947 penumpang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan trafik sebesar 351.268 penumpang.

Sedangkan total trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I pada periode Januari-November 2020 sebesar 29,08 juta penumpang dengan prediksi trafik hingga akhir tahun mencapai sekitar 31 juta penumpang.

Dikatakannya, Angkasa Pura I senantiasa konsisten untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat di seluruh area bandara kelolaan agar bandara menjadi tempat yang aman dan higienis sehingga kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara kembali meningkat dan pada akhirnya dapat meningkatkan kembali trafik penerbangan.

Baca juga: Jumlah penumpang di Bandara Lombok melonjak hingga 3 kali lipat

"Kami juga selalu mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama," tambah Faik Fahmi.

Angkasa Pura I mengelola 15 bandara yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Juga Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Baca juga: Bandara Bali catat peningkatan penumpang selama Agustus 2020

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020