Sekjen Kementerian ESDM sabet penghargaan "Best Bureaucrats" 2020

Sekjen Kementerian ESDM sabet penghargaan

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial (kiri) meraih Obsession Award 2020 untuk kategori Best Bureaucrats dari Obsession Media Group (OMG) pada puncak penganugerahan Obsession Award 2020 yang dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amindi di Jakarta, Kamis (3/12/2020). ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial meraih Obsession Award 2020 untuk kategori Best Bureaucrats dari Obsession Media Group (OMG).

Acara penghargaan tersebut dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada puncak penganugerahan Obsession Award 2020 di Jakarta, Kamis.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang mendedikasikan karyanya untuk membangun bangsa dan negara. Sebuah harapan dalam memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat luas untuk berani berbuat terhadap kemajuan bangsa dan negara," kata Wapres Ma'ruf saat membuka acara, seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Baca juga: Menteri ESDM: Ketidakpastian industri migas harus dikurangi

Ia menyampaikan kondisi pandemi menuntut Pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan extraordinary sebagai upaya menangani dampak multisektoral akibat pandemi sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah fokus mengatur dan menjaga titik keseimbangan antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi," jelas Wapres Ma'ruf.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah menyelamatkan keberlangsungan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Di sektor ESDM, pemerintah telah memberlakukan kebijakan tarif listrik gratis kepada pelanggan bisnis dan industri skala kecil golongan 450 VA sejak Mei 2020.

Penghargaan yang diberikan kepada Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial ini merupakan bentuk atas komitmen kuatnya mengelola sektor ESDM yang lebih transparan, efektif dan efisien, bersih, dan akuntabel.

Baca juga: Badan Geologi minta waspadai penurunan tanah di jalur pantura Jateng

Selain itu, Ego dinilai berhasil menunjukkan peningkatan kapabilitas sumber daya manusia dalam memberikan peningkatan layanan kepada masyarakat.

"Pencapaian Bapak Sekjen ini semoga menjadi motivasi bagi kami untuk semakin baik lagi ke depannya dan menjadi inspirasi bagi birokrat lain untuk memberikan pelayanan dan pengabdian yang lebih baik," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mewakili Ego Syahrial.

Obsession Awards 2020 merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala lembaga negara, kepala pemerintahan daerah, maupun individu nonpemerintahan atas dedikasi dan prestasinya yang dinilai gemilang.

"Penghargaan ini diberikan agar bisa dipromosikan ke masyarakat untuk diteladani oleh generasi muda yang akan datang. Siapapun yang kita pilih haruslah benar-benar mereka yang memberikan kontribusi yang konkret di bidang masing-masing," ujar Usamah Hisyam selaku Founder OMG.

Dalam penghargaan ini lebih dari 50 tokoh dan instansi nasional menerima award di ajang bergengsi ini berdasarkan kategori Best Ministers, Best Parliamentarians, Best Regional Leaders, Best CEOs, Best Bureaucrats, Best Professionals, Best Enterpreneurs, Best Private Bank, dan State Owned Enterprise Bank.

Obsession Award merupakan acara tahunan yang digelar sejak 2004 oleh OMG yang memayungi sejumlah media yaitu majalah Men's Obsession, Women's Obsession, situs berita Obsession News, dan situs berita Muslim Obsession.
Pewarta : Kelik Dewanto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020