Pengembangan dosen penting untuk wujudkan Indonesia Maju

Pengembangan dosen penting untuk wujudkan Indonesia Maju

Rektor Universitas Tarumanagara yang juga Ketua Umum Ikatan Dosen Katolik (IKDKI) Prof Agustinus Purna Irawan di jakarta, Senin. (ANTARA/HO- dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Tarumanagara Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan pengembangan dosen memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mewujudkan Indoensia Maju.

“Kami terus berusaha dalam berbagai agenda kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya untuk pengembangan dosen," ujar Agustinus dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selain aktif dalam mengadakan berbagai pelatihan dosen di lingkungan internal kampus, Untar juga berusaha aktif mendukung program di lingkungan eksternal yang juga fokus untuk pengembangan dosen di Indonesia, salah satunya melalui kegiatan di Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI).

Agustinus yang juga Ketua Umum IKDKI menambahkan organisasinya telah banyak menghasilkan karya dan kegiatan dengan meluncurkan jurnal bereputasi, pelatihan kenaikan jenjang kepangkatan dan strategi perolehan hibah penelitian, serta lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Untar raih gelar juara di ajang ICAEW SEA 100

Baca juga: Untar gandeng swasta beri sembako pada masyarakat terdampak COVID-19

IKDKI resmi didirikan pada 23 November 2019 dalam seminar tahunan Komdik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), sejumlah formatur terpilih yang merupakan utusan sejumlah universitas dan tepat pada tanggal 30 November 2019, Tim Formatur mengadakan rapat dan menetapkan kepengurusan Dosen Katolik Indonesia.

Agustinus menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pendiri dan pemrakarsa IKDKI, dan hirarki dalam Gereja Katolik yang telah menginisiasi berdiri dan berkembangnya IKDKI.

“Ke depan, makin banyak dosen yang bergabung makin memperkokoh persaudaraan, pelayanan dan pengembangan berkelanjutan bagi semua dosen Katolik Indonesia. Semoga cita-cita awal pendiriannya terus dapat digaungkan dan dilaksanakan untuk mendukung tercapainya SDM Unggul untuk Indonesia Jaya,” ujar dia.

Dia menambahkan IKDKI merupakan wadah pengembangan dosen dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan anggota dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dosen di LLDIKTI III Jakarta.

Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof Agus Setyo Budi, mengucapkan selamat ulang tahun IKDKI dan berharap asosiasi itu dapat memberikan pelayanan dalam pengembangan kompetensi dan keunggulan para dosen sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

“Hal ini sesuai dengan visi misi LLDIKTI Wilayah III, pemantapan kualitas sumber daya manusia profesional dan peningkatan mutu perguruan tinggi untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Agus.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Piero Pioppo Nunsius Apostolik, mengatakan semangat dari masa penuh rahmat bermanfaat untuk disimpan dalam hati, pikiran dan suara hati.

“Sistem pendidikan di negara tercinta kita yang besar dan kaum muda Indonesia yang mengandalkan para dosen untuk menerima pembinaan ilmiah yang kokoh dan juga edukasi yang otentik,” kata Uskup.*

Baca juga: Penerimaan mahasiswa baru Untar dilakukan secara daring

Baca juga: Michael mahasiswa Untar ke MK, ajukan uji aturan pemilihan Wagub DKI

Pewarta : Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020