Hoaks, Gatot Nurmantyo tolak penghargaan Bintang Mahaputera

Hoaks, Gatot Nurmantyo tolak penghargaan Bintang Mahaputera

Dokumentasi Jenderal TNI (Purnawirawan) Gatot Nurmantyo. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Gatot Nurmantyo disebut menolak penghargaan Bintang Mahaputera yang diberikan kepadanya, demikian narasi yang beredar di media sosial sejak awal hingga akhir November 2020.

Penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana diberikan kepada Gatot Nurmantyo karena dinilai telah memberikan pengabdian kepada negara.

Salah satu akun Twitter, @demokrasicoid pada 11 November, menyematkan tautan berjudul "Alasan Gatot Nurmantyo Tolak Penghargaan Diberikan Lewat Surat, Isinya..."

Meskipun telah diunggah pada awal November 2020, narasi tentang penolakan Gatot Nurmantyo terhadap Bintang Mahaputera itu terus diunggah ulang oleh pengguna lain hingga akhir November dengan rujukan ke akun itu.

Apakah benar Gatot Nurmantyo menolak penghargaan Bintang Mahaputera itu?
 
Tangkapan layar akun yang menyatakan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Gatot Nurmantyo menolak penghargaan Bintang Mahaputera. (Twitter)


Penjelasan:

Saat ANTARA membuka tautan tersebut, tidak ada satu pun paragraf yang menyatakan bahwa Gatot menolak penghargaan Bintang Mahaputera. Dengan demikian isi konten dalam tautan itu berbeda dengan judul.

Gatot Nurmantyo memang tidak datang ke Istana Negara saat penyerahaan penghargaan. Tapi, ketidakhadiran itu bukan karena menolak penghargaan tersebut melainkan alasan situasi pandemi.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Gatot tetap menerima penghargaan tersebut meski tidak menghadiri upacaranya. Mahfud pun mengatakan penghargaan tersebut akan dikirimkan lewat sekretaris militer.

Gatot dalam pemberitaan cnnindonesia.com yang dipublikasikan pada 26 November 2020 menyatakan tidak mungkin menolak penghargaan tersebut.

Gatot mengatakan jika dia menolak penghargaan tersebut, berarti tidak mengakui rakyat Indonesia yang telah memberikan penghargaan tersebut.

"Penghargaan itu diberikan oleh negara, negara itu ada rakyat, ada pemerintah, wilayah, ada pengakuan. Empat [hal] yang memberikan penghargaan itu yang disebut negara," kata Gatot.

Klaim : Gatot Nurmantyo tolak penghargaan Bintang Mahaputera
Rating: Hoaks

Cek fakta: Israel punya robot militer bersenjata? Ini faktanya

Cek fakta: Hoaks, Pele berlutut di makam Maradona
Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020