Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (29/11), mulai dari peninjauan jembatan bentang panjang proyek LRT Jabodebek di Dukuh Atas oleh Menteri Perhubungan, hingga pengalihan tugas dan fungsi Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menhub tinjau proyek LRT Jabodebek Dukuh Atas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengerjaan jembatan bentang panjang (longspan) sebagai bagian dari proyek kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) di Dukuh Atas, Jakarta.

“Ini akan membuat integrasi layanan transportasi,” katanya di LRT Jabodebek Dukuh Atas, Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini


2. Kemenperin proyeksikan industri tumbuh 3,95 persen tahun depan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksi industri pengolahan nonmigas bakal tumbuh 3,95 persen pada 2021 dengan asumsi pandemi COVID-19 telah dapat dikendalikan dan vaksin tersedia secara bertahap di masyarakat.

“Ini skenario yang optimis seiring dengan berjalannya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini


3. Kementerian PUPR lelang dini 4.060 paket infrastruktur 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pelelangan dini sebanyak 4.060 paket senilai Rp46,64 triliun dalam rangka percepatan realisasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur Tahun Anggaran 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan lelang dini dapat meningkatkan kualitas pembelanjaan anggaran pembangunan infrastruktur karena pekerjaan dapat dimulai lebih awal. Untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam membelanjakan uang negara melalui berbagai proyek pembangunan infrastruktur, kualitas konstruksi akan selalu menjadi perhatian utama.

Berita selengkapnya klik di sini


4. Tiket kereta jarak jauh dari Jakarta untuk H+30 sudah bisa dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka pemesanan tiket untuk 43 kereta api( KA) jarak jauh untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020.

"Menjelang momen Natal dan Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka pemesanan tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020," ujar Kepala humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini


5. Pemerintah alihkan tugas KEIN kepada Kemenko Perekonomian

Pemerintah mengalihkan tugas dan fungsi Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian setelah Presiden Joko Widodo membubarkan lembaga non-kementerian itu pada 26 November 2020.

“Komite Ekonomi dan Industri Nasional dilaksanakan oleh kementerian yang mempunyai tugas dan fungsi sinkronisasi dan koordinasi urusan kementerian di bidang perekonomian,” demikian bunyi pasal 2 huruf f Peraturan Presiden RI Nomor 112 tahun 2020 yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020