Jakarta (ANTARA) - Volkswagen AG telah merilis SUV barunya Tiguan R pekan lalu dan sekarang kendaraan itu sudah bisa dipesan dan tersedia dengan harga 56.703 euro atau sekira Rp954,8 juta untuk mobil yang diklaim berperforma lebih dibanding model Tiguan biasa.

VW Tiguan R mampu menghasilkan tenaga maksimum 235 kW (320 PS) atau setara 315 tenaga kuda, dengan kemampuan akselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 4,9 detik, sedangkan kecepatan maksimumnya 250 km per jam.

Mesin TSI turbocharged empat silinder VW pada Tiguan ini menyediakan torsi maksimum 420 Nm pada terendah 2100 rpm dan mempertahankan torsi tinggi pada level konstan hingga 5350 rpm, yang didistribusikan ke roda dengan sistem penggerak semua roda 4Motion plus R-Performance Torque Vectoring.

Volkswagen telah menerapkan penggerak akhir belakang dengan dua kopling multiplat untuk pertama kalinya. Sistem ini tidak hanya mendistribusikan tenaga penggerak antara as roda depan dan belakang, tetapi juga mendistribusikannya secara variatif antara roda belakang kiri dan kanan, kata VW dalam penjelasannya, dikutip Minggu.

Baca juga: Volkswagen mulai nikmati pemulihan, jual 1,5 juta unit kuartal tiga

Baca juga: Mobil listrik Volkswagen jadi transportasi umum di Pulau Astypalea


Dengan sistem penggerak semua roda yang baru, Volkswagen secara nyata meningkatkan kelincahan penanganan saat menikung. Dengan sistem ini Tiguan R menjadi tolak ukur baru bagi dinamika berkendara SUV.

Eksterior Tiguan R mencakup warna bodi yang mengkilap, cover spion luar dengan chrome matt, diffuser belakang hitam gloss yang unik dan juga high-gloss, roda hitam ekstensi housing dan velg Misano 20 inci.

Dan di bagian interior, Tiguan R membedakan dirinya dari model lain di lini produk dengan fitur-fitur seperti jok sport premium dengan sandaran kepala terintegrasi dan logo R yang dikembangkan secara eksklusif untuk model ini, Digital Cockpit yang disesuaikan dengan timer putaran terintegrasi, serta lis dekoratif khusus R (Carbon Grey).

Kemudian sistem rem cakram 18 inci yang kuat termasuk kaliper rem biru (dengan logo R di depan), sasis DCC (dengan peredam kejut yang dikendalikan secara adaptif) diturunkan 10 mm, dan pemilihan profil penggerak yang ditingkatkan.

Tersedia opsi sistem pembuangan titanium dari Akrapovič dan velg Estoril 21 inci. Eksterior Tiguan R juga dapat dipersonalisasi dengan paket desain Black Style sebagai cat lapisan terakhir.

Pada 2019, dari 6,18 juta mobil yang diproduksi Volkswagen, 910.926 unit di antaranya adalah Tiguan.

Baca juga: VW ingin buat mobil listrik kecil untuk dijual massal

Baca juga: Volkswagen investasi Rp16,6 triliun di pabrik Slovakia

Baca juga: VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020