Ketua Kowani raih penghargaan atas prestasi bidang pemberdayaan

Ketua Kowani raih penghargaan atas prestasi bidang pemberdayaan

Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang juga Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susianah Affandy menerima penghargaan Pusat Prestasi Indonesia atas prestasinya dibidang perempuan dan perlindungan anak pada masa pandemi COVID-19. (ANTARA/HO- dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang juga Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susianah Affandy meraih penghargaan Best Inspiring Profesional Award Winner 2020 dari Pusat Prestasi Indonesia atas prestasinya di bidang perempuan dan perlindungan anak pada masa pandemi COVID-19.

“Selama pandemi COVID-19, kami menggerakkan kekuatan kaum perempuan yang tergabung dalam organisasi perempuan untuk membantu ketahanan keluarga,” ujar Susianah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Susianah yang juga Ketua Koordinator Panitia Solidaritas Bencana Nasional (PSBN) COVID-19 Kowani itu mengatakan pihaknya menyelenggarakan rangkaian kegiatan ketahanan keluarga, antara lain konsultasi daring dengan kelompok sasaran lansia, Ibu dan anak selama masa pandemi. Kegiatan lainnya adalah program ketahanan pangan keluarga. Program tersebut menyasar 300 RT di 3 kabupaten, yakni Kabupaten Blitar, Kabupaten Labuhan Batu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Baca juga: Pemahaman perempuan di bidang politik harus ditingkatkan

Baca juga: Kowani ajak tokoh bantu pemerintah hadapi era adaptasi kebiasaan baru

Dalam kegiatan tersebut, PSBN Kowani di bawah kepemimpinan Susianah telah mentransformasi tiga pesan kunci pencegahan COVID-19, yakni menjaga jarak aman, cuci tangan pakai sabun dan pakai masker bersama-sama dengan keterambilan budidaya ikan lele dan kangkung dalam ember kepada para ibu dari 300 RT.

Melalui program tersebut berhasil membuat kebun rakyat dimana sayurnya dapat dipetik oleh masyarakat di Kabupaten Blitar, Labuhan Batu Selatan dan Kepulauan Seribu. Warga di daerah intervensi juga dapat memanen lele yang telah dibudidayakan. Kegiatan itu bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan,

PSBN Kowani selama masa pandemi COVID-19 juga menyantuni 7.634 keluarga. Bentuk santunan yang diberikan adalah bantuan pangan, bantuan uang untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Selain itu, PSBN COVID-19 Kowani telah menyelenggarakan kegiatan tes cepat secara cuma-cuma kepada 5.000 orang. Kegiatan pendampingan usaha perempuan juga dilakukan kepada 500 orang calon wirausaha baru bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Dalam penganugerahan Best Inspiring Profesional Award Winner 2020, Susianah menyatakan bahwa ibu memegang peranan sentral di masa pandemi.

“Pada saat sektor ekonomi keluarga terdampak oleh pandemi, sosok Ibulah yang berada di garis depan ketahanan pangan. Karena kebutuhan pangan keluarga tak bisa ditunda dan dihentikan oleh pandemi maka memberdayakan Ibu dan keluarga adalah pilihan strategis,” tuturnya.

Baca juga: Kowani : Perempuan pilar dan pelopor ketahanan pangan

Susianah menyatakan penghargaan yang diterimanya dipersembahkan untuk perempuan Indonesia yang dalam hitungan hari akan merayakan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Ibu Tahun 2020. 

Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020