Kemarin, ekspor benih lobster disetop dan kuota pengunjung Borobudur

Kemarin, ekspor benih lobster disetop dan kuota pengunjung Borobudur

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kedua kanan) ditunjukkan saat konferensi pers penetapan tersangka kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/11/2020) dini hari. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (26/11), mulai dari penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) terkait ekspor benih lobster dihentikan sementara hingga kuota pengunjung Candi Borobudur ditambah.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menteri Edhy ditangkap, surat ekspor benih lobster disetop sementara

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Surat Edaran NOMOR: B. 22891 IDJPT/Pl.130/Xl/2020 menyatakan menghentikan sementara penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) terkait ekspor benih bening lobster.

"Terhitung surat edaran ini ditetapkan, penerbitan SPWP dihentikan hingga batas waktu yang tidak ditentukan," sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran yang ditandatangani Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini, di Jakarta, Kamis.

2. Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag sebut harga bahan pokok stabil

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan harga bahan pokok menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam kondisi stabil dan pasokannya tercukupi.

"Secara umum, harga bapok (bahan pokok) di Bali, khususnya Pasar Badung relatif stabil dan pasokannya cukup. Kenaikan harga hanya terjadi untuk komoditas daging ayam ras yang naik 8 persen menjadi Rp38.000 per kg dari Rp35.000 per kg," kata Mendag lewat konferensi pers secara virtual, Kamis.

3. SMF siapkan Rp6 triliun untuk pendanaan KPR FLPP 2021

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menyiapkan anggaran sekitar Rp6 triliun kepada lembaga penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada 2021.

“Total butuh Rp25 triliun, sebanyak Rp6 triliun itu dari SMF dan sisanya dari pemerintah,” kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam jumpa pers virtual pemaparan kinerja kuartal III-2020 di Jakarta, Kamis.

4. Kuota pengunjung Candi Borobudur ditambah jadi 4.000 orang per hari

Kuota pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jateng, mulai Kamis ini bertambah menjadi 4.000 orang dari sebelumnya 3.500 orang per hari.

Direktur Teknik dan Infrastruktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Mardijono Nugroho di Magelang, Jateng, Kamis, mengatakan dengan penambahan jumlah pengunjung ini diharapkan pihaknya tetap bisa menjaga amanah.

5. Jonan ungkap lima bisnis yang prospektif di masa depan

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan ada lima bisnis yang prospektif di masa depan, mulai dari mobil listrik hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Ada lima bisnis atau kegiatan ke depan yang sangat menarik. Saya bilang tuh, they are coming (mereka datang), bukan they will come (mereka akan datang). They are coming faster and faster to our life (mereka datang semakin cepat dalam hidup kita)," kata Jonan dalam sebuah webinar di Jakarta, Kamis.

 

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020