PMI menggelar safari donor untuk menjaga ketersediaan darah

PMI menggelar safari donor untuk menjaga ketersediaan darah

Aksi donor darah massal yang diselenggarakan PMI Kota Tangerang diikuti pegawai Pemkot Tangerang, Banten sebagai bentuk kepedulian sesama. (Antara/HO/Humas PMI Kota Tangerang)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten melakukan safari donor darah untuk meningkatkan dan menjaga ketersediaan darah bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

"Safari donor darah dengan menggandeng mitra dari pemerintahan ini tentunya sangat membantu PMI dalam menyediakan darah bagi warga yang membutuhkan," kata Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah melaui sambungan telepon, Rabu.

Baca juga: Polri gandeng PMI jaga ketersediaan darah di Banten

Menurutnya, di masa pandemi COVID-19 ini pasokan darah dari pendonor berkurang, apalagi saat di awal-awal ditetapkannya Indonesia pandemi virus tersebut. Namun, melalui berbagai upaya, seperti edukasi dan sosialisasi pendonor kembali meningkat dan persediaan darah pun mulai terpenuhi.

Maka dari itu, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan persediaan darah, karena permintaan hingga saat ini cukup banyak,  seperti ibu melahirkan akibat pendarahan, kecelakaan, penderita Thalasemia dan lainnya.

"Kami mengajak dan mengimbau masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya, selain untuk kesehatan pendonor, darah kita juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain," tambahnya.

Kegiatan safari donor darah berbagai OPD ini diselenggarakan sejak 24 November hingga 2 Desember 2020 yang digelar di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman bersama sejumlah pegawai pemerintahan mengikuti kegiatan kemanusiaan tersebut. Pihaknya juga memberikan "hadiah" kepada para peserta donor darah yang hadir dan mengatakan setetes darah untuk kehidupan orang banyak.

Baca juga: PMI Tangerang terjunkan empat mobil gunner disinfeksi jalan protokol

Baca juga: PMI Kota Tangerang pastikan tetap ada pelayanan darah

Baca juga: PMI Kota Tangerang sebut meski berkurang, persediaan darah cukup


"Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan kita untuk menyumbangkan darah melalui donor dapat menyelamatkan satu kehidupan, bahkan beberapa nyawa sekaligus," ujarnya.

Ia mengimbau agar para pegawai Pemkot Tangerang bisa bersama-sama mengikuti kegiatan safari donor darah yang digelar untuk meningkatkan stok darah yang menipis di tengah pandemi COVID-19 tersebut. 
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020