Semarang (ANTARA) -
Jawa Tengah menjadi provinsi terbaik di seluruh Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik, sehingga kembali dinobatkan sebagai provinsi paling informatif tingkat nasional oleh Komisi Informasi Pusat.

Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020 diserahkan secara daring kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu.

Jawa Tengah dinyatakan paling informatif, setelah mengumpulkan nilai 99,15 poin, disusul DKI Jakarta dengan 99,07 poin, dan Jabar 98,15 poin.

Baca juga: IPB University konsisten sebagai kampus informatif selama tiga tahun

Baca juga: Kemendes PDTT raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Atas capaian itu, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov Jateng yang telah melaksanakan transparansi dan mau menginformasikan kepada publik, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa didapatkan dengan baik.

"Masyarakat boleh tahu dan boleh mengakses informasi itu. Teman-teman saya di pemprov tidak ada yang risih dengan keterbukaan informasi. Ini bagian dari spirit kita membangun Jawa Tengah," katanya.

Keterbukaan informasi publik, lanjut Ganjar, sangat penting saat ini, sehingga antara pemerintah dan masyarakat bisa saling tahu apa yang dikerjakan serta bagaimana cara mengerjakan itu.

"Penghargaan ini membawa spirit kami untuk selalu transparan dan akuntabel. Saya ucapkan terima kasih sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan ini secara berturut-turut," ujarnya.

Menurut Ganjar, kunci sukses sebagai provinsi paling informatif adalah adanya semangat dari seluruh pegawai di Pemprov Jateng yang dengan sadar mau terbuka dan transparan untuk melayani masyarakat.

"Apapun yang ingin diketahui masyarakat bisa dibuka dan ditempelkan pada sistem informasi yang kita miliki," katanya.

Baca juga: Wapres ingatkan tiga hal pentingnya keterbukaan informasi publik

Baca juga: Universitas Brawijaya pertahankan predikat badan publik informatif

Penganugerahan sebagai Provinsi Informatif 2020 ini memanglah bukan kali pertama didapatkan Jawa Tengah, sebab pada 2017, Jateng dinobatkan sebagai peringkat II nasional, kemudian 2018 menjadi juara 1 dan terbaik nasional.

Setelah itu, pada 2019 Jateng kembali mendapat predikat sebagai provinsi paling informatif, namun dalam penghargaan 2019, KI Pusat tidak memberikan peringkat kepada para penerima penghargaan, kemudian pada 2020 Jateng kembali dinobatkan sebagai juara pertama kategori provinsi paling informatif tingkat nasional.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020