Diskominfo Garut perluas layanan jaringan internet hingga pelosok desa

Diskominfo Garut perluas layanan jaringan internet hingga pelosok desa

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Garut (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat mencanangkan program memperluas layanan jaringan internet hingga pelosok desa untuk memudahkan masyarakat memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Inilah yang menjadi tugas kita sebagai pemerintah untuk bisa memberikan akses internet di seluruh wilayah Kabupaten Garut," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Muksin di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, internet menjadi salah satu yang digunakan dalam hal penyebaran informasi di Kabupaten Garut, untuk itu Diskominfo Garut mulai memperluas jaringan internet agar penyebaran informasi bisa berlangsung secara merata pada 2021.

Baca juga: BAKTI buka akses internet untuk 1.300 puskesmas di Indonesia

Menurut dia, Kabupaten Garut yang memiliki wilayah cukup luas dan banyak perbukitan menjadi kendala belum meratanya akses jaringan internet di masyarakat, terutama wilayah selatan Garut.

"Jadi memang kita dengan wilayah yang cukup luas, dan jangkauan penduduk yang cukup banyak, terutama tentang akses internet ini masih terkendala, terutama di wilayah selatan, di samping kontur atau medannya yang cukup bervariasi," katanya.

Muksin menyampaikan, program perluasan jaringan internet itu mendapat dukungan langsung dari Bupati Garut dan DPRD Garut yang mulai direalisasikan programnya pada tahun anggaran 2021.

"Alhamdulillah untuk tahun 2021 bapak bupati, bapak wakil, termasuk para dewan DPRD Kabupaten Garut sudah memberikan 'support' untuk memperluas akses internet," kata Muksin.

Baca juga: Kementan: Petani milenial mulai terapkan internet of things

Ia menyampaikan perluasan akses internet itu akan dirancang agar bisa sampai ke desa-desa dengan menggunakan teknologi fiber optic yang bisa tahan dalam berbagai kondisi cuaca.

"Apakah nanti kita menggunakan teknologi fiber optic, karena sekarang itu yang dianggap paling handal, tidak mudah terganggu kondisi cuaca, kemudian faktor-faktor alam," katanya.

Ia berharap adanya dukungan dari semua pihak maka program tersebut dapat secepatnya terealisasi yang nantinya bisa mendorong pembangunan daerah yang lebih maju.

"Mudah-mudahan dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Garut untuk 2021 ini seluruh desa sudah dapat layanan internet," katanya.

Baca juga: Pakar TI Indonesia raih anugerah tertinggi dunia di bidang internet
Baca juga: Kominfo dan operator seluler prioritaskan pemerataan internet
Baca juga: Menkominfo: Jaringan internet Labuan Bajo-Pulau Timur sudah terhubung
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020