Pemasangan sudah dimulai satu bulan lalu dan ditargetkan selesai di akhir November
Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memasang kamera pengawas dan pengeras suara di enam pasar rakyat dalam rangka pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunung Kidul Johan Eko Sudarto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan enam pasar rakyat yang dipasang kamera pengawas dan pengeras suara, yakni Argosari di Kapanewon Wonosari, Pasar Semin di Kapanewon Semin, Pasar Playen di Kapanewon Playen, Pasar Legundi di Kapanewon Panggang, Pasar Munggi di Kapanewon Semanu, serta Pasar Trowono di Kapanewon Paliyan.

"Pemasangan sudah dimulai satu bulan lalu dan ditargetkan selesai di akhir November," kata Johon.

Ia mengatakan pemasangan kamera pengawas bertujuan untuk meningkatkan keamanan di lingkungan pasar. Selain itu, Disperindag Gunung Kidul memasang galat pengeras suara di enam pasar tersebut.

"Fasilitas ini dipasang untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Alat-alat ini banyak manfaatnya. Sebagai contoh, CCTV tidak hanya untuk keamanan, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk melihat aktivitas di pasar," katanya.

Johan mengatakan saat ini, kamera mengawas dan pengeras suara sangat bermanfaat, dan Disperindag optimalkan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dapat dimaksimalkan. Alat-alat tersebut bisa digunakan untuk memantua aktivitas pasar dan pada saat terjadi kerumuman bisa diumumkan lewat pengeras suara agar pengunjung bisa saling menjaga jarak.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di pasar,” katanya.

Sementara itu. Sekretaris Disperindag Gunung Kidul Virgilio Soriano mengatakan upaya peningkatan layanan dan keamanan tidak hanya pemasangan CCTV, namun juga akan memasang layanan wifi di pasar. “Wifi di pasar sudah dipasang,” katanya.

Virgilio mengungkapkan pemasangan CCTV dan peralatan lainnya bukan satu-satunya program yang dilaksankaan. Disperindag juga rutin melakukan perbaikan pasar. Untuk tahun ini, salah satu program perbaikan dilakukan di Pasar Munggi, Semanu.

"Setiap tahun ada perbaikan dan kami komitmen terhadap program ini karena menjadi bagian dalam meningkatkan pelayanan,” katanya.

Baca juga: Dinkes Gunung Kidul tes cepat COVID-19 pedagang Pasar Argosari
Baca juga: Disperindag Gunung Kidul dukung tes cepat massal di Pasar Argosari

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020