tahun depan itu membereskan legalitas lahannya dan lansung pembangunan. Investornya sudah siap semua
Bandung (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara VIII berencana membangun kawasan industri di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), tepatnya di kawasan Perkebunan Wangunreja dengan luas lahan 478 hektare yang akan dimulai  pada  2021.

"Jadi pengembangan kawasan industri ini sudah menjadi komitmen PTPN VIII dan sejalan dengan pemerintah. Kami akan memanfaatkan lahan yang sudah tak produktif," kata Direktur PT Perkebunan Nusantara VIII Muhammad Yudayat, Jumat.

Menurut Yudayat, pihaknya bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum telah melakukan kunjungan lapangan ke kawasan industri baru yakni di Desa Sumur Barang, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang yang juga merupakan bagian dari kegiatan West Java Investment Summit (WJIS) 2020


Baca juga: PTPN VIII kembangkan perkebunan "go digital"

Baca juga: PTPN VIII sosialisasikan keunggulan sawit untuk perekonomian


Pengembangan kawasan industri yang sudah disiapkan seluas 487 hektare itu, tambahnya, adalah tahap pertama kemudian akan berlanjut dengan memanfaatkan lahan lain yang sudah tidak produktif.

Menurut dia segala sesuatu untuk merealisasikan rencana tersebut sudah disiapkan, termasuk investor dan tinggal nananti mengatur soal tata ruang wilayah dan kemudian soal prizinan lain.

"Sehingga kita realisasikan secepatnya. Sejauh ini tidak ada kendala, karena sudah melalui tahap kajian. Tinggal tahun depan itu membereskan legalitas lahannya dan lansung pembangunan. Investornya sudah siap semua," ujarnya.

Ia mengatakan dari 2500 hektare lahan dari Perkebunan Wangunreja  tidak semua dialihfungsikan namun  hanya 487 hektare yang dimanfaatkan kawasan industri.

Dia menuturkan pembangunan kawasan industri ini dilakukan untuk memanfaatkan peluang atas beroperasinya Pelabuhan Patimban di utara Subang, operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka dan akses Jalan Tol Cipali.

Selain mengembangkan kawasan industri, PTPN juga mengembagkan kawasan wisata namun lokasnya berbeda dan untuk kawasan wisata akan dikembangkan di wilayah Subang yang bersuhu dingin seperti di Ciater dan Walini.

"Rencana PTPN VIII ini sejalan dengan rencana Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang berniat membuat kawasan Metropolitan Rebana, di utara Subang, Majalengka, dan Indramayu," kata dia.


Baca juga: Tiga BUMN kembangkan kawasan industri Subang

Baca juga: Subang dinilai potensial sebagai kawasan industri

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020