Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan anak-anak muda yang merupakan generasi penerus bangsa memainkan peranan yang penting dalam mewujudkan Indonesia maju.

"Para pemuda sebagai generasi penerus bangsa di bidang penelitian berperan penting untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dan mandiri," kata Menristek Bambang dalam acara virtual Penganugerahan Kompetisi Ilmiah dan Penutupan Indonesia Science Expo (ISE) 2020, Jakarta, Kamis.

Dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki budaya berinovasi dan berpikir kreatif, generasi penerus bangsa dapat melahirkan terobosan baru yang inovatif yang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi saat ini.

Baca juga: Menristek: Pengembangan budaya inovasi adalah kunci negara maju

"Peran semua pihak khususnya peneliti maupun akademisi sangat penting untuk mencapai kemandirian bangsa sehingga Indonesia dapat mengurangi ketergantungan akan produk impor," ujar Menristek Bambang.

Anak-anak muda dapat berperan melahirkan inovasi yang dapat membuat Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap).

Menristek Bambang mengatakan sejarah menunjukkan bahwa pemuda telah menorehkan prestasi yang luar biasa dalam upaya mengembangkan inovasi di Indonesia.

Anak-anak muda mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru yang ditandai dengan kemunculan berbagai perusahaan berbasis teknologi atau "startup" yang dibangun oleh anak bangsa.

Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk mendorong pemuda agar menjadi inovatif melalui pengembangan sistem inovasi daerah dan teknopreneur muda.

Baca juga: Menteri: Ketersediaan SDM diimbangi peningkatan kualitas pendidikan
Baca juga: LIPI beri penghargaan kepada peneliti remaja dan muda Indonesia
Baca juga: Menristek: Iradiator gamma perlu dibangun di daerah lain

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020