Tira Persikabo jalani latihan saat mayoritas klub meliburkan pemain

Tira Persikabo jalani latihan saat mayoritas klub meliburkan pemain

Dok - Pemain Persija Novri Setiawan beraksi dalam laga uji coba kontra Tira Persikabo di Lapangan PSSN, Depok, Jawa Barat, Selasa (15/9/2020). Pertandingan itu menjadi bagian dari persiapan Persija dan Tira Persikabo menuju lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 yang berlangsung pada 1 Oktober 2020-28 Februari 2021. (ANTARA/HO/Persija)

Jakarta (ANTARA) -
Tira Persikabo menjadi satu-satunya tim yang mulai menjalani latihan bersama pada saat mayoritas klub Liga 1 Indonesia meliburkan pemain akibat tak ada kompetisi di sisa tahun ini.
 
Dikutip dalam laman resmi Liga Indonesia, Kamis, Persikabo sebenarnya telah meliburkan pemain kurang lebih satu bulan. Mereka kembali berlatih di Lapangan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), kawasan Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak Senin (16/11).
 
Namun, tim besutan Igor Kriushenko itu hanya berlatih tiga kali dalam satu pekan yakni Senin, Rabu dan Jumat.

Baca juga: Gol Riko bawa Persija taklukkan Tira Persikabo dalam laga 30 menit
 
"Ini merupakan bentuk profesional ketika kita masih mempunyai kontrak dengan tim, apalagi kebijakan manajemen tim tetap berlatih, maka pemain harus mengikutinya. Manajemen sangat perhatian terhadap pemain, mengadakan latihan walau satu pekan hanya tiga kali," ujar penyerang Persikabo Gustur Cahyo.
 
Menurutnya, latihan yang digelar lebih cepat ini akan menjaga kesiapan tim yang telah dibentuk beberapa bulan ke belakang. Selain itu, latihan ini turut membantu memuluskan program jangka panjang yang disusun pelatih dan manajemen.
 
"Latihan ini sangat pas, apalagi saat pendemi ini. Latihan tidak semerta-merta untuk kesiapan tim saja. Latihan juga untuk kesiapan pemain ke depannya agar pemain bisa lebih bagus lagi," kata dia.

Baca juga: PSSI terbitkan SK penundaan kompetisi Liga Indonesia
 
"Bisa menjaga kondisi pemain, walaupun latihan tidak serutin seperti biasanya. Kalau curi start sih tidak, tapi manajemen terlihat menekankan lebih pada kondisi pemain agar tetap bugar. Apalagi, tim mempunyai program untuk jangka panjang," kata dia menambahkan.
 
Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk meniadakan kompetisi pada akhir tahun ini. Federasi beralasan pihak kepolisian tak memberikan izin penyelenggaraan karena penularan COVID-19 yang masih masif serta dekat dengan Pilkada serentak.
 
PSSI lantas menerbitkan surat keputusan bahwa Liga 1 dan Liga 2 akan kembali dilanjutkan pada awal tahun depan. Rencananya, kompetisi akan digelar Februari dengan skema tanpa degradasi tetapi bakal ada promosi dari Liga 2.

Baca juga: Liga 1 pada Februari tanpa degradasi tapi bakal ada promosi
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020