Jakarta (ANTARA) - Selebritas Indah Kalalo yang kini menetap di Bali mengkampanyekan ajakan untuk datang lagi ke Pulau Dewata tersebut dengan slogan “KemBALI”.

Kecintaan Indah terhadap Bali, membuat dirinya terus memperlihatkan keindahan pulau Bali, salah satunya Kepulauan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Indah mengatakan bahwa masyarakat tak perlu khawatir karena pariwisata di Nusa Penida itu telah menjalankan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) yang menjadi jaminan berwisata aman di masa pandemi dari Kemenparekraf.

Baca juga: Kemenparekraf dorong pengelola desa wisata terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Kemenparekraf dorong promosikan wisata alam di Nusa Penida


“Semuanya aman dan telah menerapkan protokol CHSE, jadi ayo kemBALI asalkan selalu patuh protokol, semua pasti aman," kata Indah Kalalo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana mengungkapkan bahwa implementasi penerapan CHSE sendiri sangat penting untuk menunjukkan bahwa Bali sebagai destinasi wisata internasional, berkomitmen dan mampu menerapkan protokol kesehatan.

“Di Nusa Penida dan Lembongan dengan CHSE diharapkan dapat mewujudkan kesadaran terkait keselamatan dan keamanan di kalangan pelaku pariwisata dalam melakukan kegiatan di tengah pandemi Covid-19," ujar Agung.

Agung juga mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan tanda verifikasi CHSE pada setiap lokasi yang telah dilakukan assessment CHSE.

Untuk itu, dia menghimbau para wisatawan yang hendak berwisata ke Klungkung untuk senantiasa memperhatikan label verifikasi CHSE di setiap tempat wisata, restoran maupun hotel.

“Demi kenyamanan dan ketenangan para wisatawan, kami permudah dengan memberikan plank verifikasi CHSE pada setiap lokasi yang telah dilakukan assessment CHSE, sehingga, kami menghimbau bagi para wisatawan untuk memilih dan memperhatikan apakah tempat wisata maupun hotel yang dipilih telah terverifikasi CHSE," imbuhnya.


Baca juga: Cara Indah Kalalo sisihkan waktu untuk keluarga

Baca juga: Indah Kalalo ajarkan suami berpuasa

Baca juga: Pandemi COVID-19, "jeda" untuk revitalisasi wisata Bali

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020