Jakarta (ANTARA) - Pameran Indonesia Diecast Expo (IDE) edisi ketujuh yang digelar 29 November–3 Desember 2020 akan dihelat secara hybrid, menggabungkan konsep event online dan offline, dengan menghadirkan desainer Hot Wheels Phil Riehlman.

"Melalui konsep hybrid, IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi dan perubahan seperti sekarang ini. Konsep baru menjadi bukti bahwa IDE, pagelaran diecast berhasil membentuk ekosistem diecast di Indonesia, adalah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan,” kata Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020 dalam siaran pers, Senin.

Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

Baca juga: Empat "diecast" langka yang akan hadir di IDE 2019

Baca juga: Tips memotret diecast


Dalam empat tahun terakhir, IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, Jun Imai pada 2018 dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

“Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia,” kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.
 
Diorama IDE Live Race Competition (ANTARA/HO)


IDE juga menggandeng marketplace Tokopedia dan Hot Wheels Indonesia untuk menghadirkan program Toys Crazy Sale (TCS). Kolaborasi IDE dan Tokopedia berupaya memberikan kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka.

Sementara itu, pemanfaatan Tokopedia Play sebagai sarana video livestream akan menjadi keunggulan tersendiri guna menawarkan produk secara interaktif. Adapun melalui TCS, pegiat usaha diharapkan dapat mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

IDE menargetkan dapat menarik 250 ribu hingga 300 ribu orang pengunjung.

“Pegiat usaha yang mengadopsi kanal digital dinilai lebih tangguh dalam mempertahankan bisnis dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan, khususnya di tengah pandemi," kata David Kartono, AVP of Business Tokopedia.

"Harapannya kolaborasi ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat -- termasuk para penggemar diecast -- dan bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi negeri yang saat ini terdampak pandemi,” kata dia.

IDE Hybrid Format 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung di Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast.

Ada juga kompetisi balap (IDE Live Race Competition) yang disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Baca juga: Ada desainer "diecast" Hot Wheels di Indonesia Diecast Expo 2019

Baca juga: Ratusan komunitas dan brand akan meriahkan HAGE 2020

Baca juga: Koleksi "diecast" untuk investasi, mungkinkah?
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020