Kemarin, limbah medis meningkat hingga bantuan subsidi gaji

Kemarin, limbah medis meningkat hingga bantuan subsidi gaji

Petugas memindahkan kantong-kantong berisi limbah masker masyarakat dari truk milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta ke truk milik PT Wastec Internasional di Dipo Sampah Ancol, Jakarta, Rabu (15/7/2020). DLH DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Wastec sebagai pihak ketiga untuk memusnahkan sampah masker dari masyarakat yang berpotensi masuk dalam kategori limbah bahan beracun berbahaya (limbah B3) sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews.com mulai dari limbah medis yang meningkat selama pandemi COVID-19 hingga bantuan subsidi gaji termin II yang telah disalurkan.

1. Limbah medis meningkat hingga 50 persen saat pandemi

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati mengatakan pandemi COVID-19 telah menyebabkan kenaikan volume limbah medis sekitar 30 persen hingga 50 persen.

"Berdasarkan laporan dari 34 provinsi di Indonesia, hingga 15 Oktober 2020, tercatat ada 1.662,75 ton limbah COVID-19," kata Vivien dalam acara Seruan Nasional Akselerasi Penanganan Limbah Medis, dipantau secara virtual dari Jakarta, Jumat (13/11).

2. 31 daerah di Sumatera Utara masuk zona oranye COVID-19

Sebanyak 31 kabupaten/kota di Sumatera Utara berstatus zona oranye atau beresiko sedang berdasarkan situs resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di covid19.go.id pada Kamis (12/11).

Sementara daerah yang berstatus zona merah atau beresiko tinggi penyebaran COVID-19 yakni Kota Gunung Sitoli, dan satu daerah berstatus zona kuning atau beresiko rendah yakni Kabupaten Asahan.

3. Bantuan Sosial Tunai diperpanjang hingga 2021

Menteri Sosial Juliari P Batubara menyatakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai akan diperpanjang hingga Juni 2021, meski untuk sementara dana bantuannya lebih kecil.

"Presiden Joko Widodo sudah menyetujui soal perpanjangan Bantuan Sosial Tunai. Namun, untuk sementara dananya lebih kecil, yakni Rp200.000 per keluarga penerima manfaat," ujar Juliari P Batubara saat acara penyerahan Bantuan Tunai Sosial kepada keluarga penerima manfaat melalui PT Pos Indonesia (Persero) Periode 2020 di Medan, Jumat (13/11).

4. Kota Gunung Sitoli kembali ke zona merah

Data dari situs resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Kamis (12/11) menunjukkan Kota Gunung Sitoli kembali berstatus zona merah atau risiko tinggi, setelah sebelumnya seluruh wilayah di Sumatera Utara telah keluar dari zona merah.

Berdasarkan data harian Satgas COVID-19 Sumut per tanggal 12 November 2020, kasus positif COVID-19 di Gunung Sitoli terdapat penambahan sebanyak sembilan kasus sehingga akumulasinya naik menjadi 252 orang.

5. Menaker bantah tunda penyaluran subsidi gaji termin II

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji termin II telah disalurkan kepada 4.893.816 pekerja, sehingga tidak benar terdapat penundaan penyaluran subsidi gaji.

"Sebelumnya kami mendapat informasi bahwa penyaluran termin kedua ditunda. Hal itu tidak benar. Buktinya, termin kedua tahap I sudah disalurkan sejak hari Senin (9/11)," kata Menaker Ida dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (13/11). 

Baca juga: Sisihkan 13 lainnya, Litbang KLHK raih Anugerah Inovasi Indonesia 2020

Baca juga: Ganjar minta semua pihak siaga terkait arah erupsi Gunung Merapi


 
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020