Ayah miliki peran penting dalam mendidik anak

Ayah miliki peran penting dalam mendidik anak

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto mengatakan sosok ayah memiliki peran besar dan penting dalam mendidik anak-anaknya.

"Peran ayah sangat penting, khususnya dalam belajar dan dikaitkan dengan keterampilan kecakapan hidup," kata dia saat dihubungi terkait Hari Ayah yang diperingati setiap 12 November di Jakarta, Kamis.

Untuk mendidik dan membimbing anak dalam keterampilan kecakapan hidup tadi, maka sosok ayah adalah aktor yang paling pas bagi tumbuh kembang seorang anak.

Kecakapan dan keterampilan anak di masa depan, cukup tergantung bagaimana seorang ayah dalam membimbing dan mengarahkan anaknya sehingga siap dalam menghadapi masa depan.
Baca juga: Menteri PPPA: Peran ayah dalam pengasuhan sangat penting

Oleh karena itu, pencipta karakter Si Komo tersebut berpesan dan mengingatkan setiap ayah di Tanah Air agar tidak hanya sebagai ayah biologis namun juga menjadi sosok ayah efektif.

Ia menjelaskan ayah efektif merujuk kepada tugas dan tanggung jawab seorang ayah pada anaknya yang terlibat langsung dalam perkembangan kepribadian putra dan putri mereka.

Lebih jauh, psikolog anak kelahiran Klaten, 28 Agustus 1951 tersebut mengatakan pemahaman kepribadian bukan hanya sebatas pada kecerdasan saja, namun juga pada karakter, etika, jiwa nasionalisme dan hal lainnya.

"Dengan demikian anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal," katanya.
Baca juga: Kak Seto: Peran ayah mendidik anak masih lemah

Sementara itu, Muhammad Hari Harahap salah seorang ayah asal Padang, Sumatera Barat mengatakan menjadi seorang ayah memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik anak.

"Ada suka dan dukanya, apalagi saya sebagai orangtua tunggal," katanya.

Ia mencontohkan salah satunya ialah terkadang tak jarang bersikap tegas dan sedikit keras pada anak dalam artian positif ketika mengajari dan mendidik anak. Namun, di samping itu, terdapat keistimewaan dan kebahagiaan menjaga, merawat serta melihat tumbuh kembang anak secara langsung.

"Tugas sebagai seorang ayah sudah pasti dijalankan, namun yang paling istimewa ialah menjadikan anak sebagai teman itu luar biasa," ujarnya.
Baca juga: Pakar: Ayah berperan besar dalam pengasuhan anak
Baca juga: Akademisi: WFH momentum tingkatkan peran ayah dalam pengasuhan
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020