Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan solusi pengelolaan data, Teradata Corporation, masih memfokuskan diri untuk pasar Jakarta dan sekitarnya, meski tidak menutup kemungkinan akan mengembangkan sayapnya ke daerah lainnya.

"Saat ini kita akan memfokuskan di Jakarta karena pasar kami di sini tetapi tidak menutup kemungkinan kita akan memgembangkan sayap ke daerah luar Jakarta," kata Erwin Z Achir, Presiden Direktur Teradata Indonesia dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Segmen pasar Teradata sekarang adalah bank dan perusahaan yang bergerak dalam komunikasi dan memfokuskan pemasaran di Jakarta.

Teradata melihat Indonesia adalah sebuah pasar yang menjanjikan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus naik dengan perpaduan antara bisnis dan Informasi Teknologi (IT).

"Indonesia adalah pasar yang bagus dan saat ini bagaimana IT bereaksi terhadap perubahan yang terjadi dalam bisnis sehingga IT tidak bisa dilepaskan bisnis," kata Erwin.

Teradata merupakan perusahaan penyedia piranti lunak yang berfungsi memacu, mendeteksi, menganalisis dan mengeiterpretasi interaksi bagi pelanggan. Beberapa Software Teradata antara lain Database 12.0, 13, View Point, Data Mover.

"Warehouse diibaratkan sebuah ruangan yang terdiri dari kumpulan berbagai macam data-data seperti sebuah bank terdapat data klien, data peminjaman dan data perusahaan dan wirehouse menjadi perkumpulan data-data itu sehingga memudahkan pebisnis atau pemilik bank mengelola data dan mengambil keputusan," kata Erwin Z Achir, Presiden Direktur Teradata Indonesia.

Ada sebuah pergeseran peran warehouse dulu dan sekarang.

"Data Warehouse membantu pebisnis dalam pengambilan keputusan yang dulu fungsinya hanya laporan dan analisa," kata Erwin.

Bentuk Investasi Teradata bukan hanya seputar perputaran uang antara investor tetapi investasi juga membangun sumber daya manusia (SDM).

"Investasi bukanlah dalam bentuk uang saja tetapi kami juga mempekerjakan orang-orang yang ahli dalam bidangnya," kata Erwin.

Dari beberapa pelayanan Teradata ada yang bernama Teradata event-based marketing yang terdiri dari tiga pelayanan jasa.

Teradata Relationship Manager (TRM) memberikan pandangan yang detil, menyeluruh dan bisa ditindaklanjuti dalam setiap hubungan dengan kustomer.

Teradata Data Mining Warehouse menawarkan solusi in database data mining yang paling efisien dan komprehensif.

Teradata Financial Services Logical Data MOdel (LDM) merupakan model yang terintigerasi, cross functional yang menyediakan pandangan data perusahaan yang sangat luas.

"Ketika ingin mengambil keputusan orang harus banyak menggunakan banyak data dan Teradata memberikan banyak pilihan informasi yang relevan," kata Jae H. Park, General Manager Teradata Corportaion Indonesia, Malaysia, Filipina dan Singapura.

Teradata Corporation adalah perusahaan dunia terbesar yang fokus pada strategi untuk meningkatkan intelligence dan mendorong perusahaan untuk mencapai agilitas melalui solusi datebase software, enterprise data warehousing, data warehouse appliances, consulting dan enterprise analytics di Internasional.

Teradata telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan seperti Bank, Asuransi, Pabrik, Ecerean, Telekomunikasi, Transportasi, Perjalanan dan Media.

(Adm/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010