Finlandia justru mencuri keunggulan lewat Forss
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Finlandia mencetak kemenangan bersejarah atas tuan rumah Prancis dengan skor 2-0 dalam laga persahabatan internasional di Stade de France, Saint-Denis, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hasil itu merupakan kemenangan perdana bagi Finlandia atas Prancis sepanjang sejarah, setelah tujuh pertemuan sebelumnya selalu berakhir dengan kekalahan.

Dua gol dari Marcus Forss dan Onni Valakari yang dicetak pada babak pertama dan hanya berjarak tiga menit antara satu sama lain, menyokong kemenangan Finlandia tersebut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Jensen bawa Finlandia catat kemenangan mengejutkan atas Irlandia


Prancis sempat mengancam lebih dulu melalui situasi sepak pojok yang dikirimkan Lucas Digne dan disambut Marcus Thuram, tetapi tandukan penyerang Borussia Moenchengladbach itu masih membentur mistar gawang.

Di tengah tekanan, Finlandia justru mencuri keunggulan lewat Forss yang berhasil mengatasi kawalan Clement Lenglet sebelum melepaskan tembakan yang menaklukkan kiper Steve Mandanda pada menit ke-28.

Belum sempat Prancis bangkit dari keterkejutan itu, Finlandia menggandakan keunggulan mereka tiga menit berselang lewat sebuah serangan balik yang diakhiri sepakan sempurna Valakari ke pojok kiri atas gawang tak memberi kesempatan Mandanda berreaksi.

Baca juga: Pogba keluar dari Timnas Prancis karena komentar Presiden Macron? Ini faktanya


Prancis selanjutnya terus mendominasi permainan hingga memiliki 71 persen penguasaan bola sepanjang laga, dan melepaskan tak kurang dari 24 percobaan tembakan yang tak satu pun berbuah gol.

Steven Nzonzi, Kurt Zouma, N'Golo Kante dan Anthony Martial masing-masing punya peluang untuk mencetak gol, tetapi tak satu pun penyelesaian mereka bisa menemui sasaran hingga bubaran.

Dengan kekalahan itu, pelatih kepala Didier Deschamps jelas punya tugas untuk segera membawa Prancis bangkit jelang dua pertandingan terakhir UEFA Nations League Divisi A Grup 3 dengan bertandang ke Portugal pada Sabtu (14/11) dan menjamu Swedia tiga hari kemudian.

Sedangkan Finlandia dapat suntikan kepercayaan diri untuk meraih promosi dari Grup B4, ketika melawat ke Bulgaria pada Sabtu (15/11) dan bertandang melawan Wales tiga hari berselang.

Baca juga: Jerman cuma menang tipis 1-0 atas Ceko
Baca juga: Dwigol Michy Batshuayi antar Belgia berbalik menang atas Swiss
Baca juga: Dua debutan bawa Denmark atasi Swedia dalam laga persahabatan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020