Ketua MPR: Jangan ada penurunan kapasitas tes COVID-19 saat libur

Ketua MPR: Jangan ada penurunan kapasitas tes COVID-19 saat libur

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) membacakan puisi berjudul ‘Ini Baru Indonesia’ dalam Festival Puisi ‘Wajah Pelayanan Publik’ yang diselenggarakan Ombudsman RI secara daring, Selasa (27/10/2020). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong agar tidak terjadi penurunan kapasitas tes COVID-19 setiap akhir pekan atau saat libur panjang.

Dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, Bamsoet mendorong pemerintah tetap melakukan tes COVID-19 terhadap warga yang memanfaatkan liburan untuk pulang kampung atau yang akan berkunjung ke tempat wisata.

"Pemerintah perlu melakukan evaluasi operasional laboratorium di seluruh Indonesia, agar ke depannya tidak terjadi penurunan tes COVID-19 setiap akhir minggu atau saat libur panjang," ujar Bamsoet.

Dia mendorong pemerintah tidak lengah dalam melakukan testing, tracing, maupun treatment meskipun berdasarkan perkembangan kasus secara nasional disebutkan tanda-tanda bahwa kasus COVID-19 di Indonesia relatif sudah terkendali.

Baca juga: MPR dorong peningkatan tes dan pelacakan usai liburan panjang

Baca juga: MPR: Vaksinasi bukan satu-satunya jawaban pulihkan ekonomi


Dia juga mendorong pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah kasus kesembuhan COVID-19 di Indonesia, termasuk tetap melakukan penanganan COVID-19 sekalipun pada saat akhir pekan atau libur panjang, serta melakukan penambahan sumber daya manusia tenaga kesehatan untuk melakukan screening dengan cara melakukan rapid tes di titik-titik yang ramai pengunjung.

"Saya juga mendorong pemerintah bersama masyarakat saling berkomitmen untuk terus berupaya mengendalikan kasus COVID-19, yaitu pemerintah menggencarkan 3T, dan masyarakat tetap disiplin mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ujar dia.

Baca juga: Bambang Soesatyo dorong evaluasi penanganan COVID-19

Baca juga: Ketua MPR cermati kasus WNI terpapar COVID-19 di luar negeri
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020