Asal mula sandwich

Asal mula sandwich

ilustrasi sandwich (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Sandwich atau roti lapis merupakan jenis hidangan yang dikenal praktis dan menjadi menu makan siang favorit warga Amerika Serikat.

Menurut survei yang dilakukan oleh Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya mengonsumsi sandwich sebanyak satu atau lebih setiap harinya.

Hal itu menunjukkan popularitas sandwich mengingat roti lapis ini merupakan makanan yang mudah dibuat di rumah atau didapatkan di gerai-gerai makanan cepat saji.

Di Indonesia, sandwich menjadi salah satu makanan favorit untuk sarapan, sebagai bekal, ataupun teman minum teh.

Baca juga: Resep sarapan berbahan stroberi, "Berry Sesame Toast"

Baca juga: Telat makan siang? coba resep "Egg Avocado Toast"


Selain praktis dengan isian yang mudah diganti sesuka hati, sandwich juga memiliki fakta menarik lainnya.

Menurut siaran pers Skippy pada Kamis, John Montague adalah orang yang menciptakan sandwich pada tahun 1762.

John Montague merupakan pemimpin Angkatan Laut Inggris di pertengahan abad ke-18 bergelar Earl of Sandwich IV. Konon, Montague yang hobi berjudi menginginkan makanan yang dapat dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya dan menghentikan perjudian, di mana makanan tersebut memungkinkan Montague untuk tidak menggunakan alat makan maupun mengotori jari-jarinya.

Berulang kali Montague meminta pelayan untuk membawa irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Kebiasaan Sandwich tersebut kian dikenal oleh para rekannya yang akhirnya menyebut kudapan roti lapis yang dimakannya sebagai sandwich.

Selain itu, beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1778, kapten dan penjelajah asal Inggris James Cook menemukan sekelompok pulau di tengah Samudra Pasifik yang ia beri nama Pulau Sandwich.

Nama tersebut diberikan oleh Cook sebagai penghormatan kepada Montague: diambil dari gelarnya, Earl of Sandwich. Pulau tersebut kini dikenal dengan nama Pulau Hawaii

World Sandwich Day atau Hari Sandwich Sedunia ditetapkan setiap tanggal 3 November, di mana orang-orang merayakannya dengan mengonsumsi sandwich. Bahkan di Amerika Serikat, Hari Sandwich adalah waktu dimana sandwich menjadi utama saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan berbagai macam menu sandwich.

Bagi warga Amerika Serikat, Hari Sandwich merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan menu-menu sandwich yang baru.

Baca juga: Sepuluh sandwich populer dari berbagai negara

Baca juga: Juru masak di Hanoi sebarkan kebahagiaan dengan "coronaburger"

Baca juga: Starbucks akan jual roti lapis "daging palsu" di Kanada
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020