Jakarta (ANTARA) - Lady Gaga dan Michelle Obama mengucapkan selamat pada pengacara sekaligus politikus Kamala Harris yang mencatatkan sejarah baru, sebagai wakil presiden berkulit hitam pertama pada pemilihan Presiden ke-46 Amerika Serikat tahun ini.

Bukan hanya itu, Harris juga menjadi wanita pertama Amerika keturunan Asia Selatan yang menjadi Wakil Presiden di negara adidaya itu.

Pengacara Maya Harris melalui laman media sosialnya menuliskan, "Ya Tuhan ini terjadi... Wakil Presiden Amerika Serikat kami berikutnya ... Wakil Presiden pertama kami... saudariku, @KamalaHarris!"

Penyanyi Lady Gaga mengungkapkan kemenangan Biden dan Harris menandai suatu hal baik dan keberanian terbesar yang pernah umat manusia lihat.

"@JoeBiden @KamalaHarris dan rakyat Amerika, kalian baru saja memberi dunia salah satu kebaikan dan keberanian terbesar yang pernah dilihat umat manusia. Tiada yang lain melainkan cinta untuk Panglima Tertinggi kami yang baru dan VP wanita ke-1 yang terpilih untuk Gedung Putih"," cuit Gaga.

Sementara itu, Michelle Obama mengaku bahagia atas kemenangan Harris salah satunya karena sekaligus memulihkan martabat Gedung Putih.

"Saya sangat senang bahwa teman saya @JoeBiden dan Wakil Presiden wanita kulit hitam dan India-Amerika pertama kami, @KamalaHarris, sedang menuju untuk memulihkan martabat, kompetensi dan hati di Gedung Putih. Negara kami sangat membutuhkannya," tulis dia.

Selain mereka, ada juga pebisnis Tina Knowles-Lawson, aktris Trace Ellis Ross yang mengucapkan selamat untuk Harris.

Laman Eonline pada Minggu mencatat, baru bulan lalu, Harris mengungkapkan hal yang menginspirasi karirnya di bidang politik.

"Saya adalah putri dari seorang ibu yang tiba di Amerika Serikat pada usia 19 tahun dan percaya dia dan anak-anaknya dapat melakukan apa saja," kata dia Harris saat tampil secara virtual di The Daily Show pada 29 Oktober lalu.

Kemenangan Harris disebut membuka pintu dan jalan untuk Amerika yang baru.


Baca juga: Biden-Harris menang, "Party in the USA" Miley Cyrus masuk chart iTunes

Baca juga: Kamala Harris, inspirasi pemimpin perempuan India di desa leluhurnya

Baca juga: Hollywood rayakan kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020