Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Super Junior mengenang perjalanan karier mereka selama 15 tahun terakhir dalam siaran V Live pada Sabtu (7/11). Pemimpin grup, Leeteuk mengatakan para personel tetap akan tetap keren seperti biasanya. Heechul mengaku tak percaya sudah melewati waktu itu. Dia dan rekan-rekannya bekerja keras sejak muda hingga saat ini mendekati usia 40-an.

Hal senada diungkapkan Yesung. Dia juga tak percaya bisa menempuh perjalanan sejauh ini bersama grup. Shindong, Eunhyuk dan Donghae mengatakan, para penggemar mereka atau E.L.F berperan penting dalam karir dia dan grupnya selama ini.

Baca juga: Album comeback Super Junior rilis Desember 2020

Baca juga: Jalan pilihan para idola K-pop usai "kutukan tujuh tahun"


"Sekarang kami sudah di titik ini, aku tidak percaya. Berkat E.L.F kami ada di sini. Aku sangat bersyukur. Aku telah menjalani separuh hidupku sebagai Super Junior," kata Shindong seperti dilansir Soompi.

Eunhyuk menambahkan, staf di SM Entertainment dan Label SJ juga punya peranan dalam karir Super Junior.

"Terima kasih pada E.L.F, staf agensi yang membantu seorang anak berusia 15 tahun menjadi seperti sekarang ini," kata Donghae.

"Menurutku ini berkah yang besar, merupakan suatu kehormatan untuk bekerja dengan anggota hebat dan staf agensi," ujar Siwon.

Ryeowook mengatakan, "Terima kasih banyak. Aku tidak pernah membayangkan kami akan merayakan ulang tahun ke 15 kami. Aku sangat senang dan itu lebih bermakna karena kita bisa menghabiskan waktu ini dengan kalian semua."

Kyuhyun mengungkapkan, pada 6 November 2005, dia belum mengenal Super Junior. Dia tak pernah membayangkan dirinya akan tergabung dalam grup yang luar biasa. Kyuhyun baru bergabung dengan Super Junior pada tahun 2006.

Leeteuk berkata, "Jika kalian menggabungkan grup, unit, dan album solo Super Junior, jumlahnya lebih dari 100. Kami telah melakukan 157 konser di 27 kota di seluruh dunia.

Selama berkarir di industri musik, Super Junior sudah memenangkan penghargaan domestik dan internasional bahkan hingga sekarang pada tahun 2020.

Pada Jumat (6/11), mereka meluncurkan single "The Melody", jelang perilisan album ke-10 pada Desember 2020.

Baca juga: Eunhyuk Super Junior duet bareng Minhyuk MONSTA X di acara idola baru

 


Tak hanya membahas karier, mereka juga memanfaatkan berkumpul dalam siaran saat itu untuk mendukung satu sama lain sembari mengungkapkan uneg-uneg.

Leeteuk berujar, "Ryeowook sepertinya menahan diri karena dia dikelilingi oleh anggota yang lebih tua. Sepertinya dia selalu gugup. Tapi dalam kehidupan nyata, dia pria yang sangat lucu."

Yesung lalu menambahkan, "Saat kita membuat sub-unit bersama, akulah yang waspada terhadap Ryeowook. Dia tidak terintimidasi sama sekali."

Sementara itu, Kyuhyun berterima kasih kepada Heechul karena telah merawatnya setelah kecelakaan mobil pada tahun 2007 yang juga dialami Leeteuk, Shindong, dan Eunhyuk. Setahun sebelumnya, Heechul juga pernah mengalami kecelakaan mobil, menyebabkan kakinya patah.

"Heechul selalu berkata kita adalah 'rekan kecelakaan mobil' dan menjagaku serta membelikanku makanan enak," kata Kyuhyun.

Eunhyuk juga berterima kasih kepada Leeteuk karena telah menjadi pemimpin yang baik Super Junior yang menurutnya "kacau dan gila".

Baca juga: Super Junior D&E nomor satu di iTunes 25 negara lewat "Bad Blood"

Baca juga: Super Junior D&E resmi "comeback" lewat "B.A.D"

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020