Polres Cianjur berlakukan buka tutup jalur menuju Puncak-Cipanas

Polres Cianjur berlakukan buka tutup jalur menuju Puncak-Cipanas

Antrian kendaraan menuju Puncak-Bogor dari arah Cianjur, Jawa Barat, terus memanjang sehingga Polres Cianjur menerapkan tutup jalur selama dua jam, Sabtu (7/11/2020). ANTARA/Ahmad Fikri.

Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem buka tutup jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur, akibat tingginya volume kendaraan di kawasan Puncak yang menuju sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty saat dihubungi Sabtu, mengatakan tingginya volume kendaraan pada akhir pekan kali ini, membuat pihaknya melakukan antisipasi agar tidak terjadi macet total di sepanjang jalur Puncak-Cianjur menjelang siang karena ekor antrean kendaraan menuju Bogor sudah mencapai kawasan Ciloto-Puncak.

"Kami menutup jalur menuju Cipanas mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur. Ini kami lakukan untuk menghindari macet total karena antrean kendaraan menuju Bogor terus memanjang dengan ekor antrean hingga kawasan Ciloto-Puncak," katanya.

Selama jalur ditutup, ungkap dia, kendaraan dengan tujuan Bogor dan seterusnya dari arah Cianjur, diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, guna menghindari terjebak antrian dengan laju kendaraan tersendat di kawasan Puncak. Penutupan diberlakukan selama dua jam, sehingga menyebabkan antrean panjang di sejumlah jalur protokol tengah kota Cianjur.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor ditutup jika volume kendaraan terus meningkat

Baca juga: Wisatawan diimbau hati-hati saat melintas di jalur rawan bencana


Meilawaty menuturkan, tidak menutup kemungkinan hal yang sama akan diberlakukan kembali menjelang sore, seiring tingginya volume kendaraan wisatawan yang hendak keluar dari sejumlah tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas. Sejumlah rekayasa arus sejak pagi hingga siang menjelang, diberlakukan di sejumlah titik di jalur Puncak-Cianjur.

"Menjelang sore kemungkinan akan diberlakukan hal yang sama, namun sifatnya situasional. Biasanya setelah tempat wisata tutup antrean kendaraan di jalur utama Puncak akan meningkat tajam, sehingga kami persiapkan rekayasa agar tidak terjadi antrean yang menyebabkan macet total," katanya.

Hingga sore menjelang, antrean kendaraan dari Cianjur menuju Puncak-Cipanas kembali terlihat, antrean kendaraan dengan laju kendaraan tersendat terlihat mulai dari Jalan Raya Ciherang hingga kawasan Ciloto Puncak. Sebagian besar kendaraan menuju tempat wisata di kawasan Cipanas seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

Baca juga: Pembukaan Jalur Puncak Dua dilanjutkan, Pemkab Bogor kerahkan TNI

Baca juga: Jalur Puncak Dua hubungkan Jagorawi dengan Transyogi
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020