Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) akan menyelenggarakan kompetisi esports antar sekolah menengah dan sederajat se-Jabodetabek yang merupakan program pengurus sekaligus sebagai kegiatan memperingati Hari Pahlawan 10 November.

"Pertandingan Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 #pelajaruntuknegeri ini akan digelar mulai 9 hingga 13 November 2020. Adapun batas pendaftaran sampai 7 November 2020," kata Ketua Hubungan Masyarakat PB Esports Indonesia Ashadi Ang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ashadi mengatakan melalui kegiatan yang sangat positif ini, kiranya dapat menjadi sarana bagi generasi muda, khususnya pelajar sekolah menengah dan sederajat untuk memupuk mental yang tangguh, optimistis, berdaya saing dan menjunjung tinggi sportivitas.

Selain itu, melalui kegiatan kompetisi ini, generasi muda dapat mempersiapkan diri untuk menjadi atlet esports profesional.

Baca juga: Delapan tim Indonesia bakal bersaing di ONE Esports MPLI 2020
Baca juga: Juara Piala Menpora Esports 2020 hadir di turnamen LIMA


Kegiatan kompetisi itu juga diharapkan dapat memotivasi pelajar sekolah menengah dan sederajat untuk memilih kegiatan yang positif dan berprestasi. Esports bukan hanya berbicara soal game, tapi sebagai olahraga berprestasi yang dipertandingkan dan diakui hingga tingkat internasional.

Menurut dia, kali ini, pertandingan yang akan digelar selama 4 hari itu akan mempertandingkan game Free Fire. Tidak tertutup kemungkinan pada season berikutnya akan mempertandingkan game lainnya.

Penyelenggaraan acara ini akan digelar secara online dan grand final akan digelar secara semi online di kantor PB Esports Indonesia, yang tentunya akan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Esports sebagai salah satu cabang olahraga baru akan senantiasa berusaha untuk mengharumkan bangsa. Kompetisi yang bertajuk Piala Pelajar Se-Jabodetabek Season 1, dengan tagar #pelajaruntuknegeri, PBESI akan menyiapkan hadiah uang tunai kepada pemenang dan uang pembinaan esports kepada sekolah,” kata Sekretaris Jenderal PB Esports Indonesia Frenky Ong menambahkan.

PBESI menyiapkan total hadiah untuk Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 ini sebesar Rp500.000.000. Hadiah tersebut terdiri dari uang senilai Rp300.000.000 yang akan diberikan untuk para pemenang dan Rp200.000.000 akan diberikan sebagai uang pembinaan esports di sekolah.

Baca juga: Pandemi tak halangi pegiat esports dalam negeri ukir prestasi

Bagi pelajar sekolah menengah dan sederajat yang tertarik mengikuti pertandingan ini dapat mendaftarkan segera karena pendaftaran hanya akan dibuka sampai dengan 7 November 2020. Pendaftaran dapat dilakukan di http://bit.ly/pialapelajar.

Adapun persyaratannya, berstatus sebagai pelajar; satu tim wajib berasal dari satu sekolah yang sama; domisili sekolah berada di Jabodetabek; serta peserta wajib untuk ‘Like’ dan ‘Follow’ sosial media PB Esports Indonesia (@pbesi_official).

Pengurus Besar Esports Indonesia merupakan lembaga yang mewadahi dan menaungi aktivitas esports di Indonesia, termasuk regulasi, sosialisasi, turnamen dan liga, pengembangan atlet dan tim esports, esports tourism, dan pembinaan atlet usia dini.

PB Esports Indonesia diketuai oleh Jenderal Pol. (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si. dan memiliki visi mengembangkan dan mempromosikan ekosistem esports yang stabil serta dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin esports di Kawasan Asia.

Baca juga: MPL Indonesia munculkan nama Tanah Air di peta esports internasional

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020