KCN: Pelabuhan Marunda berpotensi raup omzet hingga Rp1 triliun

KCN: Pelabuhan Marunda berpotensi raup omzet hingga Rp1 triliun

Ilustrasi: Aktivitas bongkar muat di kawasan pier 1 Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN), Marunda, Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). Pengelola Pelabuhan Marunda juga mendukung program tol laut yang dicanangkan pemerintah untuk menekan biaya logistik sehingga harga barang lebih murah. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/pras.

Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara (KCN) meyakini jika tiga dermaga Pelabuhan Marunda telah rampung maka berpotensi mampu meraup omzet minimal Rp500 miliar sampai Rp1 triliun dalam setahun.

"Kalau target omzet setahun jika tiga dermaga Pelabuhan Marunda telah rampung, minimal Rp500 miliar sampai dengan Rp1 triliun," ujar Direktur KCN Widodo Setiadi kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, lanjut dia, tentunya kontribusi kepada negara minimal sudah harus sekitar Rp200-Rp250 miliar.

Baca juga: KCN: Pelabuhan Marunda bagian pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok

Belum lagi multiplier effect yang dihasilkan seperti para pekerja di Pelabuhan Marunda dan masyarakat sekitarnya memiliki peningkatan daya beli.

"Ini diperlukan oleh pemerintah agar kehidupan perekonomian bernegara dapat berjalan. Ini yang kita harapkan," kata Widodo Setiadi.

KCN ingin bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah melalui target-target KCN, berusaha merealisasikannya, dan dan membuktikan kepada pemerintah, kata dia, bahwa keberadaan Pelabuhan Marunda memberikan kontribusi nyata.

Baca juga: Meski pandemi, KCN capai target penerimaan logistik 100.000 ton/bulan

Selain itu KCN juga ingin pemerintah bisa melihat bahwa dengan keberadaan KCN dan Pelabuhan Marunda menimbulkan dampak berantai yang positif.

"Mudah-mudahan semangat kita membangun Indonesia bisa tersampaikan walaupun mungkin hanya dalam skala Pelabuhan Marunda," kata Direktur KCN tersebut.

Dengan total panjang dermaga pier 1 sepanjang 1.950 m yang saat ini baru dioperasionalkan seluas 1.200 m, telah mampu mengurangi waktu bongkar muat di Priok dari semula 6 hari menjadi 3 hari saja.

Baca juga: KCN: Pelabuhan Marunda ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat

Terhitung dari tahun 2016 hingga Desember 2019 Pelabuhan KCN Marunda telah memberikan devisa bagi negara sebanyak Rp15 miliar dari fee konsesi.

Selama pandemi COVID-19, KCN sendiri mencatatkan penerimaan logistik setiap bulannya angka 100.000 ton, sesuai target yang ditetapkan.

PT Karya Citra Nusantara (KCN) akan melanjutkan penyelesaian pembangunan dermaga (pier) 2 dan 3 Pelabuhan Marunda yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca juga: Pemprov DKI: Pelabuhan Marunda dorong investasi daerah dan nasional
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020