Perseroan juga memberikan pembekalan core values atau nilai utama budaya perusahaan, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau AKHLAK kepada seluruh karyawan.
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi nasional, terus melakukan pengembangan kapasitas dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu kunci menghadapi tingkat persaingan bisnis tinggi.

“Perseroan juga memberikan pembekalan core values atau nilai utama budaya perusahaan, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau AKHLAK kepada seluruh karyawan," kata Corporate Secretary PT PP (Persero) Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Untuk meningkatkan penguasaan kompetensi inti kritis, Perseroan telah menjalankan berbagai program, antara lain melakukan tinjauan kamus kompetensi sesuai dengan tuntutan kompetensi saat ini, melakukan tinjauan dan pengembangan kurikulum jabatan untuk seluruh personil, dan melaksanakan formal training melalui PP University.

Baca juga: PP pastikan Tol Semarang-Demak tingkatkan aksesibilitas di Pulau Jawa

Perseroan telah mengembangkan pula program-program pengembangan terpadu, mulai dari pegawai bergabung hingga pegawai memasuki masa pensiun. Manajemen pengetahuan di Perseroan juga semakin ditingkatkan melalui berbagai aktivitas berbagai pengalaman, antara lain Project Sharing (Pro-Share) dan Executive Exploration (Ex-Plore), Community of Practices (CoP), dan ajang penghargaan PP Awards.

Untuk meningkatkan kesiapan SDM dan memenuhi kebutuhan personil kunci dalam mengikuti pertumbuhan perusahaan, Perseroan menyiapkan sistem aderisasi bagi setiap posisi jabatan strategis dari jalur karir di bawahnya.

Untuk menciptakan SDM Unggul, Perseroan menjalankan proses kerja yang berfokus pada pencarian bibit unggul sejak proses rekrutmen yang dilanjutkan dengan program pengembangan terstruktur sampai dengan menempati suatu jabatan strategis di perusahaan.

Baca juga: PT PP menjadi pioner dalam implementasi BIM di Indonesia

Untuk mempersiapkan talenta menduduki jabatan manajerial dan struktural, Perseroan juga meningkatkan kompetensi korporat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan sekolah bisnis, antara lain Universitas Diponegoro, Prasetiya Mulya Business School, PPM Manajemen, dan IPMI International Business School.

Dikatakan, Perseroan juga mengirimkan generasi muda yang berpotensial untuk melanjutkan Pendidikan ke berbagai negara, seperti United Kingdom (University of Birmingham, King College University, University of Glasgow, New Castle University, Bournemouth University, Loughborough University), serta Boston (ADL International),

Sebagai perusahaan BUMN, Perseroan selalu menjembatani kebutuhan talenta perusahaan dengan tuntutan talenta dari Kementerian BUMN sehingga kompetensi yang disusun oleh Perseroan selalu mengadaptasi kompetensi yang menjadi tuntutan dari Kementerian BUMN.

"Hal ini dimaksudkan agar kaderisasi talenta untuk level ke bawah sudah lebih siap untuk menduduki posisi jabatan selanjutnya serta sejalan dengan tuntutan dari Kementerian BUMN," kata Yuyus.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020