Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia (Persero) merampungkan proses pengintegrasian sistem sensor dan senjata (Sewaco) kapal perang KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang dilakukan di fasilitas produksi Divisi Kapal Perang, serta langsung melaksanakan seremoni penyerahan Fitted For But Not With (FFNBW) kepada Kementerian Pertahanan.
 
Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Indonesia (Persero) Turitan Indaryo di Surabaya, Selasa mengaku bersyukur, meski dalam kondisi pandemi COVID-19, PT PAL Indonesia dapat merampungkan proses pengintegrasian, serta dengan segala tantangannya proyek FFBNW PKR (Perusak Kawal Rudal) KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dapat diserahkan setelah melalui rangkaian uji coba yang telah memenuhi persyaratan.

"PT PAL Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan RI dalam Proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai-332," kata Turitan, dalam keterangan persnya.

Fitted For But Not With (FFBNW/ sistem atau senjata yang diintegrasikan belum dipasangkan atau dipasang sebagian, pemasangan selengkapnya nanti sesuai kebutuhan).

Baca juga: KRI I Gusti Ngurah Rai-332 perkuat pengamanan perairan
Baca juga: Panglima kukuhkan nama KRI I Gusti Ngurah Rai
Baca juga: PAL Indonesia rampungkan modernisasi KRI Malahayati-362


Ia menjelaskan, proyek FFBNW Kapal PKR terbagi dalam empat segmen pengerjaan yaitu persiapan, pemasangan (install), integrasi sistem dan pengujian, serta SAT dan delivery.

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mempunyai panjang total 105,11 meter dan berat 2.365 ton, serta merupakan kapal perang kelas light fregat atau perusak kawal rudal (PKR) yang dilengkapi dengan sistem persenjataan meriam utama 76 mm, dan dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan ke udara (SAM), sistem pertahanan diri (Close in Weapon System-CIWS) 35 mm, sistem pelontar torpedo, dan sistem rudal permukaan ke permukaan (SSM).

KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 juga memiliki kemampuan peperangan elektronik melalui sistem Electronic Counter Measure (ECM) dan Electronic Support Measure (ESM) yang telah terintegrasikan dalam Combat Management System (CMS) yang dimiliki KRI I Gusti Ngurah Rai-332 pada HUT ke-75 TNI.

"Investasi tersebut tidak hanya berupa barang yang terlihat (tangible) seperti peralatan dan fasilitas, namun juga pada hal-hal strategis yang tak kasat mata (intangible) seperti keahlian dan penguasaan teknologi," kata Turitan, menjelaskan.

Sementara nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diambil dari nama Pahlawan Nasional asal Bali I Gusti Ngurah Rai yang memimpin pasukan bernama "Ciung Wanara" melakukan pertempuran terakhir dikenal dengan nama Puputan Margarana melawan Belanda pada 20 November 1946.

Dengan nama tersebut KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diharapkan dapat mewarisi ruh pantang menyerah serta keberanian I Gusti Ngurah Rai dalam mempertahankan wilayah NKRI.

"Dengan selesainya proyek FFBNW KRI I Gusti Ngurah Rai-332 maka statusnya meningkat dari laik layar menjadi laik tempur serta mampu melaksanakan tugas pokok yang diembannya, seperti Anti Air Warfare, Anti Surface Warfare, Electronic Warfare, Naval Gun Fire Support, serta Naval Diplomacy untuk semakin memperkuat TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugasnya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Turitan.

Sementara itu, seremoni delivery FFBNW diterima Kapuskod Baranahan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Yos Sumiarsa, yang kemudian diserahkan simbolis kepada TNI AL untuk dioperasionalkan yang diterima oleh Aslog KASAL Laksma TNI Puguh Santoso.

Acara penyerahan, dihadiri sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes TNI AL, dan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 merupakan kapal PKR kedua bersama KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang dioperasikan oleh TNI AL.

Kapuskod Baranahan Kemhan Laksma TNI Yos Sumiarsa dalam sambutannya menyebut bahwa dengan selesainya proyek FFBNW, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 siap dioperasikan sesuai dengan fungsi asasinya sebagai kapal kombatan.

Pada kesempatan yang sama Aslog KASAL Laksma TNI Puguh Santoso mengatakan, proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai-332 merupakan implementasi dari program kebangkitan industri pertahanan dalam negeri.

"Proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 adalah salah satu upaya Kementerian Pertahanan RI dalam menyelaraskan MEF guna mempercepat pembangunan kekuatan pokok komponen pertahanan menuju postur TNI AL," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020