Derby della lanterna berakhir sama kuat 1-1

Derby della lanterna berakhir sama kuat 1-1

Gelandang Sampdoria Gaston Ramirez (kiri) ditekel oleh pemain Genoa Lukas Lerager (kanan) pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu (1/11/2020). (ANTARA/Nicola Campo/Sipa USA via Reuter/Nicola Campo)

Jakarta (ANTARA) - Derby della lanterna yang mempertemukan Sampdoria melawan Genoa berakhir sama kuat 1-1, pada pertandingan putaran keenam Liga Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Tuan rumah Sampdoria unggul terlebih dahulu melalui gol Jakub Jankto pada menit ke-23, sebelum Gianluca Scamacca menyamakan kedudukan untuk Genoa berkat golnya pada menit ke-28, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Hasil imbang itu membuat Sampdoria naik satu strip ke posisi kedelapan dengan sepuluh poin, sedangkan Genoa naik dua strip ke posisi ke-15 dengan lima poin.

Genoa menjadi pihak yang mengancam terlebih dahulu melalui sepakan melebar Goran Pandev, namun Sampdoria yang berhasil memecah kebuntuan melalui momen indah Jankto. Pemain Ceko 24 tahun itu bergerak memotong dari kanan dan melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut gawang Genoa dari tepi kotak penalti.

Tidak lama berselang Genoa hampir menyamakan kedudukan. Cristian Zapata menyundul bola tendangan sudut yang masih dapat ditahan kiper Emil Audero.

Baca juga: Inter Milan menang dua gol tanpa balas di markas Genoa
Baca juga: Sampdoria raih kemenangan perdana musim ini saat lucuti Fiorentina 2-1


Gol yang dinantikan pihak Genoa baru lahir beberapa saat kemudian. Dari sapuan buruk pihak Sampdoria, bola jatuh ke penguasaan Lukas Lerager yang disodorkan ke kotak penalti, bola kemudian disambar Scamacca masuk ke gawang Sampdoria. Itu merupakan gol perdana pemain timnas Italia U-21 itu di Liga Italia.

Morten Thorsby menyia-nyiakan peluang bagi Sampdoria saat tandukannya melebar, namun Genoa memiliki peluang bagus saat sepakan tumit Scamacca diteruskan Nicola Rovella dengan tembakan yang terdefleksi.

Sampdoria memasukkan Keita Balde sebagai pemain pengganti, dan ia segera mendapat peluang dari tembakannya yang membentur pemain Genoa, Mikkel Damsgaard sigap menyambar bola pantul namun kiper Mattia Perin masih dapat menepisnya.

Baca juga: Ditaklukkan Sampdoria, Atalanta telan kekalahan kedua beruntun di liga

Keita memiliki peluang lain dari sepakannya yang mengarah lurus ke kiper Perin, sedangkan di sisi Genoa, Marko Pjaca ragu-ragu saat berlari ke arah gawang dan justru malah mengoperkannya kepada Pandev.

Peluang terakhir didapat pemain Sampdoria melalui tendangan bebas Antonio Candreva yang melebar. Gawang Sampdoria pun sempat terancam saat Pjaca melepaskan sepakan spekulasi yang masih dapat diantisipasi Audero.

Baca juga: Ibrahimovic sumringah gol akrobatiknya jadi penentu kemenangan Milan
Baca juga: Ronaldo dua gol saat Juve menang besar 4-1


Susunan pemain:

Sampdoria (4-4-2): Emil Audero, Bartosz Bereszynski, Maya Yoshida, Lorenzo Tonelli, Tommaso Augello, Jakub Jankto (Mehdi Leris 84'), Morten Thorsby, Albin Ekdal (Adrien Silva 66'), Mikkel Damsgaard (Antonio Candreva 74'), Gaston Ramirez (Valerio Verre 66'), Fabio Quagliarella (Keita Balde 66')
Pelatih: Claudio Ranieri

Genoa (4-3-1-2): Mattia Perin, Davide Biraschi, Edoardo Goldaniga, Cristian Zapata, Domenico Criscito (Luca Pellegrini 77'), Nicolo Rovella, Milan Badelj (Valon Behrami 73'), Lukas Lerager (Ivan Radovanovic 86'), Miha Zajc (Filippo Melegoni 86'), Goran Pandev, Gianluca Scamacca (Marko Pjaca 73')
Pelatih: Rolando Maran
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020