Jakarta (ANTARA) - Dwigol yang dicetak Willian Jose mengantarkan Real Sociedad kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol dengan mengalahkan tuan rumah Celta Vigo 4-1 di Stadion Balaidos, Vigo, Minggu.

Dwigol itu melengkapi gol-gol pembuka keunggulan Sociedad yang dicetak David Silva dan Mikel Oyarzabal, sedangkan tuan rumah cuma bisa membalas sekali lewat eksekusi penalti Iago Aspas, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Sociedad mengoleksi 17 poin dan mengamankan kembali posisi puncak klasemen yang sempat diambil alih oleh Real Madrid (16) sekira 24 jam yang lalu, sedangkan Celta (6) tertahan di bibir jurang degradasi atau urutan ke-17.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid ambil alih posisi puncak

David Silva mengemas gol perdananya untuk Sociedad pada menit ke-24 dengan sebuah sundulan memanfaatkan umpan silang Aihen Munoz untuk membawa tim tamu memimpin.

Celta hampir membalas gol itu secara instran tetapi kiper Alex Remiro masih bisa menjinakkan tembakan penyelesaian Fran Beltran dan Sociedad justru menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-34 dengan menyambar bola muntah hasil tembakannya sendiri yang sempat tak diantisipasi sempurna oleh kiper Ruben Blanco.

Skor 2-0 bertahan hingga jeda dan sembilan menit memasuki babak kedua Willian Jose mencetak gol pertamanya di pertandingan itu dengan sepakan kaki kanan di tengah kotak penalti untuk menambah keunggulan Sociedad.

Pada menit ke-75, tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti setelah Brais Mendez dijegal keras oleh Robin Le Normand di dalam kotak larangan dan kesempatan itu dikonversi dengan baik Aspas demi memperkecil ketertinggalan Celta 1-3.

Namun, Willian Jose mencetak gol keduanya pada menit ke-81 untuk melengkapi kemenangan Sociedad menjadi 4-1 atas tuan rumah.

Sociedad berpeluang untuk melanjutkan kepemimpinan mereka di klasemen Liga Spanyol ketika menjamu Granada pada Minggu (8/11) pekan depan, sedangkan Celta main dua hari lebih awal di kandang Elche.

Baca juga: Betis kembali ke jalur kemenangan seusai tundukkan Elche
Baca juga: Barcelona catatkan awal terburuk di La Liga sejak musim 2002-2003
Baca juga: Atletico hantam Osasuna walau tanpa Luis Suarez


Susunan pemain:

Celta Vigo (4-4-2): Ruben Blanco; Sergio Carreira, Nestor Araujo (Joseph Aidoo), Jeison Murillo, Jose Fontan; Miguel Baeza (Brais Mendez), Renato Tapia, Fran Beltran (Santi Mina), Denis Suarez; Iago Aspas, Nolito (Emre Mor)
Pelatih: Oscar Garcia

Real Sociedad (4-4-1-1): Alex Remiro; Andoni Gorosabel (Artiz Aranbarri), Robin Le Normand, Modibo Sagnan, Aihen Munoz; Mikel Oyarzabal (Portu), Martin Zubimendi, Jon Guridi (Ander Guevara), Ander Barrenetxea (Martin Merquelanz); David Silva (Roberto Lopez); Willian Jose
Pelatih: Imanol Alguacil

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020