Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan durasi singkat mengincar sebagian besar Jakarta, pada siang hari, Ahad.

Berdasarkan data BMKG, Ahad dini hari, menyebutkan bahwa hujan tersebut akan mulai terjadi pada siang hari setelah cuaca cerah berawan dan berawan (Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu) pada pagi hari.

Pada siang hari, hujan ringan diprediksi akan terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Sementara di Jakarta Selatan serta Jakarta Timur akan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Adapun di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi akan mendapatkan cuaca masing-masing berawan dan cerah berawan.

Pada malam hari, hujan akan berganti dengan berawan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, serta cuaca cerah berawan di empat wilayah Jakarta lainnya (Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu).

Selepas itu, pada Senin (2/11) dini hari, cuaca di sebagian besar Jakarta akan mengalami berawan, hanya Kepulauan Seribu yang bercuaca hujan ringan.

Secara keseluruhan, pada Ahad  ini, rentang suhu udara Jakarta berkisar 23-33 derajat celsius, dengan wilayah yang mendapat suhu terendah adalah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sementara, wilayah yang diprediksi akan mengalami suhu udara tertinggi berada di tiga wilayah yang sama.

Adapun kelembapan udara akan berkisar sekitar 65 hingga 100 persen dengan kelembapan terendah terjadi di Jakarta Barat. Sementara kelembapan tertinggi akan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Sementara itu di wilayah penyangga Jakarta yakni Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi akan mengalami cuaca yang beragam pada Ahad ini.

Untuk wilayah Tangerang, cuaca diprediksi akan cerah berawan pada Ahad pagi, kemudian akan berganti menjadi hujan ringan pada siang harinya yang berganti berawan pada malam hari hingga Senin (2/11) dini hari.

Rentang suhu udara di Tangerang akan berkisar antara 24-32 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 60-95 persen.

Untuk wilayah Bekasi, cuaca berawan akan berlangsung pada pagi hari, kemudian hujan sedang akan mengguyur pada siang hari yang berganti cuaca berawan pada malam hari dan berlanjut hingga Senin (2/11) dini hari.

Rentang suhu udara di Bekasi akan berkisar antara 23-33 derajat celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 65-95 persen.

Adapun di Depok, setelah cuaca cerah berawan pada Ahad pagi, di siang harinya hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur pada siang hari, dan kemudian berganti dengan cuaca berawan pada malam hari yang berlanjut hingga Senin (2/11) dini hari.

Rentang suhu udara di Depok akan berkisar antara 23-33 derajat celsius dan kelembapan udara berkisar antara 65-95 persen.

Sementara di Kota Bogor, setelah cuaca cerah berawan di Ahad pagi, hujan sedang akan turun pada siang hari dan berlanjut dengan cuaca berawan pada malam hari yang berlanjut sampai Senin (2/11) dini hari.

Rentang suhu udara di Bogor akan berkisar antara 21-32 derajat celsius dan kelembapan udara berkisar antara 70-95 persen.

Baca juga: Prakiraan cuaca di destinasi wisata di Jabodetabek

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020