New York (ANTARA) - Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih rendah pada perdagangan hari Jumat pagi waktu setempat, karena penurunan tajam di sektor teknologi yang membebani pasar.

Tak lama setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 119,84 poin atau 0,45 persen menjadi 26.539,27. Indeks S&P 500 berkurang 18,05 poin, atau 0,55 persen, menjadi 3.292,06 dan Indeks Komposit Nasdaq turun 91,50 poin atau 0,82 persen menjadi 11.094,09.

Dari 11 sektor utama Indeks S&P 500, sektor teknologi turun lebih dari satu persen, memimpin ketertinggalan. Sementara sektor layanan komunikasi naik 1,5 persen, menjadikan kelompok dengan kinerja terbaik.

Saham Apple turun sekitar 4,6 persen pada perdagangan pagi, setelah perusahaan melaporkan penurunan penjualan iPhone selama kuartal September dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Saham Amazon juga turun 3,5 persen meskipun perusahaan memperoleh hasil kuartal ketiga yang kuat. Sedangkan saham raksasa teknologi lain seperti Facebook dan Netflix juga mengalami kesulitan.

Berdasarkan Departemen Perdagangan AS, pengeluaran konsumsi pribadi di negara itu meningkat 1,4 persen pada September dan pendapatan pribadi naik 0,9 persen.

"Kabar baiknya adalah pertumbuhan pendapatan yang kuat dan pertumbuhan belanja yang kuat pada September. Kabar buruknya adalah, sekali lagi, bukti yang jelas bahwa beberapa orang tertinggal, seperti rincian yang mengungkapkan perbedaan berbentuk huruf K antara mereka yang dapat bekerja dan mereka yang tidak bisa karena COVID, " kata Kepala Ekonom FHN Financial, Chris Low, dalam sebuah catatan.

Menurut data Universitas Johns Hopkins, Jumat, lebih dari 8,9 juta kasus COVID-19 telah terjadi di Amerika Serikat, dengan jumlah kematian melebihi 228.000 kasus.

Saham-saham AS telah mengalami volatilitas penurunan yang nyata minggu ini di tengah kekhawatiran Virus Corona.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020