Napoli bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di markas Benevento

Napoli bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di markas Benevento

Para pemain Napoli merayakan gol penentu kemenangan yang dicetak Andrea Petagna pada pertandingan Liga Italia melawan Benevento yang dimainkan di Stadion Ciro Vigorito, Benevento, Minggu (25/10/2020). (ANTARA/IPA/Sipa USA via Reuters Connect/IPA)

Jakarta (ANTARA) - Napoli bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di markas Benevento, dalam pertandingan putaran kelima Liga Italia yang dimainkan di Stadion Ciro Vigorito, Benevento, Minggu.

Tuan rumah memimpin terlebih dahulu melalui gol Roberto Insigne (30'). Gol kakak kandung Roberto, Lorenzo (48'), menyamakan kedudukan menjadi 1-1, sebelum Andrea Petagna (67') membukukan gol penentu kemenangan Partenopei, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kemenangan itu mendongkrak Napoli empat strip untuk menghuni peringkat kedua di klasemen sementara dengan koleksi 11 poin. Sedangkan Benevento turun dua strip ke posisi ke-13 dengan enam poin.

Baca juga: Klasemen Liga Italia: Napoli, Milan, dan Verona kuasai tiga besar

Pada pertarungan yang mempertemukan dua pelatih, Filippo Inzaghi di Benevento dan Gennaro Gattuso di Napoli, yang bermain bersama di AC Milan, penyerang Napoli Victor Osimhen mencetak gol pertama pada fase awal pertandingan, namun tidak disahkan karena offside.

Roberto Insigne memecah kebuntuan pada pertengahan babak pertama. Gianluca Lapadula mengirim umpan tarik yang diselesaikan dengan sempurna oleh tembakan Roberto ke arah tiang dekat.

Roberto sempat terlihat emosional karena selain itu merupakan gol perdananya di Liga Italia, itu juga merupakan gol ke gawang tim kota kelahirannya sekaligus tim yang diperkuat kakak kandungnya.

Baca juga: Napoli dinyatakan kalah 0-3 dan dipotong satu poin

Menjelang turun minum dua peluang Napoli dimentahkan tiang gawang. Pertama saat Luca Caldirola mendefleksi umpan silang Hirving Lozano, kemudian dari sundulan Kostas Manolas yang membentur mistar gawang.

Lorenzo Insigne akhirnya berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Bola sepakannya mengenai bagian bawah mistar gawang Benevento dan memantul di dalam gawang sebelum kemudian keluar. Setelah dilakukan tinjauan VAR, bola dinyatakan telah masuk.

Dua pemain pengganti Napoli berperan besar dalam proses terjadinya gol penentu kemenangan. Matteo Politano bbergerak cepat di sisi kanan dan mengirimkan umpan untuk ditembakkan Petagna, yang membuat Napoli berbalik unggul.

Benevento sempat memiliki beberapa peluang sebelum peluit panjang berbunyi, namun tidak satu pun yang berbuah gol penyama kedudukan.

Baca juga: AS Roma harus kerja keras untuk menang 5-2 atas Benevento
Baca juga: Inter kembali lakoni drama tujuh gol saat menang 5-2 atas Benevento


Spezia ditahan imbang Parma

Spezia yang melawat ke markas Parma hanya membawa pulang satu poin, setelah mereka ditahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2.

Tim promosi Spezia memimpin terlebih dahulu melalui sundulan Julian Chabot memanfaatkan umpan Simone Bastoni pada menit ke-28.

Mereka kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-31. Kevin Agudelo sukses memaksimalkan bola kiriman M'Bala Nzola untuk mengemas gol kedua timnya.

Baca juga: Fiorentina buang keunggulan dua gol saat ditahan imbang Spezia 2-2

Parma memperkecil ketertinggalan pada menit ke-34. Kiper Ivan Provedel dapat menahan sundulan Jasmin Kurtic, namun Riccardo Gagliolo bereaksi cepat menyambar bola pantul.

Angan-angan Spezia untuk membawa pulang tiga poin buyar pada menit ke-93. Pelanggaran yang dilakukan Claudio Terzi terhadap Wylan Cyprien di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Eksekusi penalti Juraj Kucka tidak menemui kegagalan, dan mengamankan satu poin untuk tuan rumah.

Hasil itu membuat Spezia naik tiga strip ke posisi ke-11 dengan tujuh poin, sedangkan Parma tertahan di posisi ke-18 dengan empat poin.

Baca juga: Parma pecat manajer Roberto D'Aversa
Baca juga: Parma rekrut Fabio Liverani sebagai pelatih baru
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020