Polda Metro: Titik pengamanan libur panjang tidak tumpang tindih

Polda Metro: Titik pengamanan libur panjang tidak tumpang tindih

Ilustrasi - Sejumlah anggota Satlantas Polres Bogor melakukan operasi Zebra Lodaya 2019 di jalan raya Jakarta-Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/ama).

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan titik pos pengamanan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW tidak akan tumpang tindih dengan pelaksanaan Operasi Zebra 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan Operasi Zebra 2020 tidak menerapkan sistem razia stationer dan mengutamakan sistem "hunting" di titik rawan pelanggaran lalu lintas.

Baca juga: Anies sebut libur panjang timbulkan COVID-19 klaster keluarga

"Operasi Zebra kita tidak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan, lalu titiknya berbeda (pengamanan libur panjang dan penindakan operasi zebra)," kata Sambodo dalam keterangannya, Sabtu.

Sambodo menyebut ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2020 yakni melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line, dan penggunaan helm oleh pengendara motor.

Dia juga mengatakan titik yang rawan pelanggaran lalu lintas juga tidak sama dengan jalur yang diprediksi padat selama libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pekan depan.

Baca juga: Menhub tinjau Tol Jakarta-Cikopo antisipasi arus balik libur panjang

"Titik-titik yang sering lawan arus Itu yang kita laksanakan (penindakan) karena itu kan berbeda dengan jalur libur. Jadi tetap ada yang bertugas pengamanan sama Operasi Zebra," tambahnya.

Dia juga menyampaikan pihaknya siap untuk melaksanakan dua kegiatan tersebut secara bersamaan serta memastikan personel yang diturunkan akan siap mengawal serta mengamankan arus lalu lintas libur panjang serta menindak masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas selama Operasi Zebra 2020 yang dimulai Senin 26 Oktober 2020 hingga dua pekan ke depan.

Baca juga: "Long weekend", lalin jalan protokol di Jakarta ramai lancar

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 749 personel untuk mengawal kelancaran arus lalu lintas selama libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan berlangsung pekan depan.

Sambodo mengatakan 749 personel tersebut akan diisi oleh personel dari Ditlantas Polda Metro Jaya, serta personel Satlantas yang ada di jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pos pengamanan libur panjang di lokasi sebagai berikit:

A. Pospam long weekend di jalur tol
1. Cikunir KM 9
2. Rest Area KM 19
3. Cikarang Utama KM 29
4. Rest Area KM 33
5. Rest Area KM 39
6. Rest Area Kunciran KM 13 (ke arah Merak)
7. Exit tol Cibubur depan Buperta (arah bogor)

B. Pospam arus balik jalur tol
1. Cikunir 2 KM 10
2. Rest Area KM 6
3. Rest Area Karang Tengah KM 14

C. Pospam jalan arteri
1. Pangkalan Jati
2. Bekasi Cyber Park
3. Ganda Suka

D. Pospam tempat wisata
1. Ragunan
2. Ancol
3. Taman Mini
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020