Simpang Empat,- (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) kembali bertambah empat orang, Sabtu, dan total menjadi 142 kasus.

"Hari ini bertambah empat orang. Total 142 kasus, 115 orang diantaranya sembuh, enam orang meninggal dunia dan 21 orang masih positif dan jalani isolasi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Sabtu.

Menurut dia, keempat orang yang positif itu adalah perempuan inisial NK (63) dan perempuan PA (28) warga Jorong Katimaha Kecamatan Pasaman.

Sedangkan dua orang lagi adalah laki-laki inisial M (66 ) warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman dan perempuan inisial Sy (57) warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman.

Baca juga: Dua orang warga Pasaman Barat positif COVID-19 meninggal dunia

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 10 orang


Keempat orang itu positif berdasarkan hasil Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang terhadap hasil tes usap (swab test) di Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat pada 19 Oktober 2020.

Keempatnya merupakan kontak erat dengan pasien konfirmasi positif sebelumnya.

"Keempat pasien positif saat ini diperiksa lebih lanjut ke RSUD Pasaman Barat dan direncanakan diisolasi di Diklat BPSDM Talu Kecamatan Talamau Pasaman Barat," ujar dia.

Pihaknya saat ini melaksanakan pelacakan (tracking) dan testing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Menyikapi adanya penambahan kasus konfirmasi positif di Pasaman Barat ini pihaknya terus menggugah kesadaran diri masing-masing untuk selalu waspada COVID-19.

Ia mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.*

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 10 orang

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah satu orang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020