dengan menerapkan teknologi RAISA, diharapkan dapat meningkatkan hasil dan meningkatkan indeks pertanaman dari IP 100 menjadi IP 200 atau bahkan IP 300 dalam satu tahun.
Jakarta (ANTARA) - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian siap menerapkan inovasi teknologi budi daya padi sawah pasang surut intensif, super, dan aktual atau teknologi budi daya padi RAISA di lahan food estate Kalimantan Tengah.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry di Jakarta, Sabtu, menyatakan dengan menerapkan teknologi RAISA, diharapkan dapat meningkatkan hasil dan meningkatkan indeks pertanaman dari IP 100 menjadi IP 200 atau bahkan IP 300 dalam satu tahun.

"Kondisi existing sebelumnya di kawasan food estate ini, produktivitas padi masih di bawah produktivitas nasional yakni hanya 2-4 ton/ha. Dengan teknologi RAISA di kawasan food estate akan dapat meningkatkan produkvitas padi menjadi 5-6 ton/ha," ujar Fadjry melalui keterangan tertulis.

Baca juga: DPR dorong Kementan jamin ketersediaan bibit unggul

Sebelum diaplikasikan di kawasan food estate ini, tambahnya, teknologi RAISA berhasil dikembangkan di beberapa sentra padi yang lahannya sama-sama lahan rawa pasang surut seperti Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan yang hasilnya dapat meningkatkan produksi padi 13-20 persen.

Fadjry memaparkan teknologi RAISA yang dirilis 2018 itu merupakan teknologi yang dirancang khusus untuk budi daya padi di lahan rawa dengan mengadopsi beberapa teknologi pengelolaan lahan rawa yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan.

Sementara itu Kapuslitbangtan Priatna Sasmita menjelaskan paket teknologi RAISA meliputi penggunaan varietas unggul baru spesifik lahan rawa, pengelolaan/tata air mikro, pemanfaatan pembenah tanah, pemupukan spesifik berdasarkan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR), pengendalian hama dan penyakit secara terpadu, serta mekanisasi pertanian.

Baca juga: Balitbangtan bantu teknologi irigasi hemat air petani bawang Bantul

Dikatakannya, kawasan pengembangan food estate di Kalimantan Tengah yakni di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau sebagian besar lahan sawahnya terdiri dari lahan rawa.

Pada lahan tersebut kandungan unsur mikro seperti zat besi (Fe) dan Natrium (Na) sangat tinggi, sehingga untuk meningkatkan produksi padi perlu perlakuan khusus.

Pemberian kapur pertanian dan pembenah tanah memegang peranan penting karena mampu memberikan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan varietas padi di lahan rawa.

"Dengan paket pengelolaan lahan rawa ini akan optimal dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi," ujarnya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020