Kami juga telah berkomunikasi dengan Kabupaten Wonosobo agar tidak terjadi kecelakaan lagi seperti kemarin
Semarang (ANTARA) -
Petugas gabungan lintas sektor di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) fokus memantau dan mengamankan objek-objek wisata saat pelaksanaan cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020.

"Kami akan membuat posko pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan dipadati pelancong," kata Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat di Semarang, Jumat.

Ia menyebut ada tiga pos pantau yang akan didirikan pihaknya yakni di Exit Tol Brebes, Gerbang Tol Kalikangkung, dan Simpang Bawen-Ambarawa.

Baca juga: Kemenhub awasi ketat transportasi saat libur akhir pekan

Diprediksi, pergerakan pelancong dari daerah asal mulai pada hari Selasa (27/10) sebab pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020 sebagai hari libur, sedangkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada Kamis (29/10).

Jumlah kendaraan yang masuk ke Jateng diperkirakan naik 10 persen hingga 40 persen dari jumlah biasa.

Ia menjelaskan bahwa pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas sehingga jika terjadi kenaikan jumlah kendaraan.

Baca juga: Menhub prediksi 28 Oktober terdapat puncak arus kendaraan

"Untuk kewilayahan kami berkoordinasi dengan kewilayahan (polres), kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile," ujarnya.

Satriyo menyebut ada enam wilayah yang menjadi perhatian di antaranya, sekitar wisata kawasan Bandungan dan Dusun Semilir di Kabupaten Semarang, Objek Wisata Belik dan Owabong di Kabupaten Banyumas. Kemudian, Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara, termasuk Gunung Sikunir dan Candi Arjuna.

"Kami juga telah berkomunikasi dengan Kabupaten Wonosobo agar tidak terjadi kecelakaan lagi seperti kemarin, bus besar kami suruh parkir di Terminal Mendolo saja karena pulang dari Dieng itu turunannya panjang, kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham," katanya.

Baca juga: Menhub imbau masyarakat tidak berangkat saat puncak libur panjang

Dishub Jateng melakukan koordinasi antar-instansi terkait dengan pelaksanaan tes cepat COVID-19 secara sampling. Pelaksanaannya, kata dia, akan dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung dan di sejumlah objek wisata.

"Sesuai kesepakatan, nanti dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan melakukan rapid test. Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur akan ada Mobile PCR (Polymerase Chain Reaction), akan ada di sana," ujarnya.

Baca juga: Satgas COVID-19: Jangan kendor protokol kesehatan jelang libur panjang

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020