Selama 3 hari terakhir ada 10 warga dinyatakan positif setelah menjalani tes usap PCR
Seirampah (ANTARA) - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dalam beberapa hari terakhir bertambah 10 orang, lima di antaranya terdata sebagai karyawan perusahaan swasta yang sebelumnya menjadi klaster penyebaran COVID-19.

"Selama tiga hari terakhir ada 10 warga yang dinyatakan positif setelah menjalani tes usap PCR," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Serdang Bedagai, Drs Akmal  AP di Seirampah, Kamis.

Baca juga: 141 pasien positif COVID-19 di Serdang Bedagai sembuh

Ia mengatakan informasi kasus konfirmasi positif COVID-19 itu diperolehnya mulai hari Senin (19/10) saat 3 warga Serdang Bedagai dinyatakan positif yakni LS (Pr, 32), FSS (Lk, 35) dan SH (Lk, 54).

Lalu pada Selasa (20/10) ada dua lagi yang positif COVID-19 dengan inisial DS (Pr, 49) dan R (Lk, 56).

Kemudian hari Rabu (21/10), pihaknya kembali memperoleh kabar terkait pertambahan lima kasus konfirmasi. Kali ini, seluruh korban berasal dari lokasi yang sama.

Baca juga: Positif COVID-19 di Serdang Bedagai sudah capai 161 kasus

"Kelima korban merupakan karyawan perusahaan swasta di Kecamatan Pantai Cermin. Sebelumnya, perusahaan itu sempat menjadi klaster penyebaran COVID-19 karena banyak di antara pekerjanya yang terjangkit di saat bersamaan," katanya.

Merespons hal itu, Akmal menyebut warga yang tertular COVID-19 akan mendapat tindakan medis di rumah sakit rujukan yang ditunjuk atau menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan intensif dari pihak medis.

Baca juga: Bupati Serdang Bedagai positif COVID-19

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan dengan tambahan 10 tersebut, menjadikan jumlah keseluruhan warga Serdang Bedagai yang positif COVID-19 menjadi 200 orang.

Dengan rincian 163 warga sudah dinyatakan sembuh, 29 kasus konfirmasi sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan serta delapan orang meninggal dunia.

"Kami berharap adaptasi kebiasaan baru dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Gunakan masker yang sesuai saat berkegiatan, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, jaga jarak fisik dan konsumsi makanan bergizi serta berolahraga yang rutin untuk menjaga imunitas tubuh," katanya.

Baca juga: 109 pasien positif COVID-19 di Serdang Bedagai sembuh

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020