Jakarta (ANTARA) - Liverpool yang sudah dipastikan tak diperkuat Virgil van Dijk menghadapi Ajax dalam laga pembuka Grup D Liga Champions di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), kini juga kehilangan Thiago Alcantara dan Joel Matip.

Sementara Van Dijk dijadwalkan naik meja operasi lutut, Thiago dan Matip juga absen dari sesi latihan terakhir Liverpool di Melwood pada Selasa waktu setempat jelang bertolak ke Amsterdam.

Laiknya Van Dijk yang dijegal oleh kiper Everton Jordan Pickford, Thiago juga jadi korban Derby Merseyside ketika di pengujung laga dilanggar keras oleh Richarlison. Sedangkan Matip yang untuk kali pertama bisa tampil 90 menit penuh di laga tersebut setelah hampir satu tahun lamanya, diistirahatkan demi mengantisipasi kepadatan jadwal Liverpool.

Kendati dalam situasi sulit, manajer Juergen Klopp menegaskan Liverpool bakal mengerahkan upaya optimal ketika bertandang ke Ajax.

Baca juga: Klopp bilang Van Dijk akan lebih tangguh lagi setelah pulih
Baca juga: Gara-gara Pickford, Van Dijk harus jalani operasi lutut


"Bagi banyak orang mungkin ini menyenangkan dan berkata 'lihat Liga Champions besok dan menyimak bagaimana Liverpool mengatasi keadaan'," kata Klopp dalam jumpa pers pralaga dilansir laman resmi Liverpool, Rabu.

"Kami akan berusaha, saya tegaskan. Tidak ada alasan untuk apapun," ujarnya menambahkan.

Klopp menegaskan timnya tahu pasti bahwa Ajax adalah sebuah tim yang kuat, terlebih Liverpool hampir bertemu mereka di final Liga Champions 2018/19 lalu.

Hal itu jelas menambah besaran tantangan bagi Liverpool yang sedang mengalami situasi sulit.

Pun demikian, pelatih asal Jerman itu bersikeras bahwa ia tidak pernah ragu akan kemampuan timnya mengatasi keadaan yang mendera.

"Saya sudah bilang, kami akan berusaha. Kenapa saya harus berpikir bahwa para pemain tidak bisa mengatasi keadaan ini?" ujarnya.

"Dari semua pertanyaan yang datang sepertinya kalian berpikir kami akan kesulitan. Artinya kami harus membuktikan bahwa anggapan itu salah, pun jika kalian tidak tertarik dengan hal itu," pungkas Klopp.

Baca juga: Liverpool disarankan boyong Dayot Upamecano untuk gantikan Van Dijk
Baca juga: Grup D Liga Champions: Liverpool dan pembuktian dua kuda hitam

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020