KCN: Pelabuhan Marunda ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat

KCN: Pelabuhan Marunda ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat

Foto udara dermaga di Pelabuhan Marunda, Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara atau KCN mengungkapkan kehadiran Pelabuhan Marunda, Jakarta, berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Sebetulnya kalau kita mau melihat potensi Pelabuhan Marunda adalah adanya potensi pembukaan lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat sekitar Marunda," ujar Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi di Marunda, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemprov DKI: Pelabuhan Marunda dorong investasi daerah dan nasional

Selain itu, ia mengatakan bahwa kalau dikaitkan dengan program pemerintah adalah bagaimana sektor maritim menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda untuk mau berkarier.

"Sebetulnya potensi dengan keberadaan proyek Pelabuhan Marunda ini banyak bagi semua pihak, bukan hanya untuk Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Hal ini, lanjutnya, karena Pelabuhan Marunda banyak menciptakan multiplier effect yang ada bagi semua pihak dan sektor.

"Salah satu yang sudah kita realisasikan yakni mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Jakarta Utara pada tahun ini untuk pembayar PBB (pajak bumi dan bangunan) terbaik dan paling tepat," kata Widodo.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan Pelabuhan Marunda, Jakarta, yang dikelola PT Karya Citra Nusantara (KCN), telah mendorong investasi baik tingkat daerah maupun nasional.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan kehadiran Pelabuhan Marunda juga memberikan dampak berantai yang positif bagi Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI melihat pelabuhan KCN merupakan sesuatu yang prospektif, mengingat infrastruktur ini merupakan investasi nasional yang besar sekaligus bagian program strategis nasional.

Keberadaan Pelabuhan Marunda sangat penting dalam upaya ikut serta memajukan perekonomian bangsa.

Terhitung, dari 2016 hingga Desember 2019, Pelabuhan KCN Marunda telah memberikan devisa bagi negara sebanyak Rp15 miliar yang hanya dari fee konsesi.

Baca juga: KCN: Program Tol Laut dapat turunkan biaya logistik
Baca juga: KCN apresiasi adanya perlindungan hukum bagi para pelaku usaha

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020