Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kaum perempuan jangan ragu terjun ke dunia politik karena memiliki karakteristik yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi situasi krisis.

"Saya menegaskan bahwa perempuan butuh berpolitik karena politik butuh perempuan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakannya pada pembukaan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), di Jakarta, Selasa.

Dalam kongres yang digelar secara virtual itu, Puan menjelaskan bahwa kaca pembatas peran perempuan dalam berpolitik di Indonesia sudah runtuh saat Megawati Soekarnoputri menjadi perempuan pertama yang dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada 23 Juli 2001.

"Saat ada yang bicara bahwa peran perempuan di politik selalu dibatasi oleh glass ceiling, sesungguhnya glass ceiling politik bagi perempuan Indonesia sudah diruntuhkan di hari Ibu Megawati dilantik menjadi Presiden," ujarnya.

Sejak saat itu, menurut Puan, peran perempuan di Indonesia terus berkembang pesat, banyak perempuan yang memegang peran strategis dalam setiap kegiatan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, lingkungan hidup, olahraga, ilmu pengetahuan, riset, dan lain sebagainya.

Puan menyampaikan, dalam bidang politik sudah banyak yang dicapai perempuan Indonesia seperti peningkatan jumlah perempuan yang terpilih menjadi anggota DPR RI.

"Pada periode 2014-2019 sekitar 17 persen anggota DPR adalah perempuan, periode 2019-2024 jumlah perempuan yang menjadi anggota DPR meningkat menjadi sekitar 21 persen. Sekarang banyak anggota perempuan DPR-RI yang menempati posisi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan," katanya.

Puan mengatakan banyak perempuan Indonesia juga sudah berhasil menjadi kepala daerah seperti Risma di Surabaya yang saat maju di Pilkada yang diusung PDI Perjuangan.

Dia mengatakan, banyak negara menghormati apa yang perempuan Indonesia telah capai dalam politik, salah satu buktinya saat dirinya menghadiri acara Asia-Pacific Parliamentary Forum di Australia pada Januari 2020.

"Semua negara peserta acara tersebut bertepuk tangan saat saya sebutkan bahwa Indonesia pernah memiliki Presiden perempuan dan sekarang memiliki Ketua DPR perempuan yang pertama," katanya.

Puan mengatakan, meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai perempuan Indonesia di berbagai bidang namun masih menghadapi berbagai kendala yang dapat berasal dari kehidupan sosial, budaya, ekonomi, maupun politik.

Dia menilai untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi perempuan tersebut, dibutuhkan keputusan-keputusan politik serta kebijakan-kebijakan politik.

Menurut dia, saat ini pandemi COVID-19 masih menjadi tantangan, perempuan bukan saja terdampak, tetapi juga berperan besar dalam usaha menangani pandemi.

Hal itu dia sampaikannya karena secara global 70 persen tenaga medis terdiri dari perempuan yang saat ini menjadi ujung tombak penyelamatan nyawa manusia.

Baca juga: Anggota DPR Sri Meliyana dorong perempuan jadi energi pembangunan

Baca juga: Komisi VIII minta KPPPA dorong daerah lebih perhatikan perempuan-anak

Baca juga: Ketua DPR melantik pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia

Baca juga: Ketua DPR: Perempuan berperan besar atasi pandemi COVID-19


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020