Ribuan warga yang positif itu tersebar di 14 kabupaten dan kota dari 20 wilayah yang terpapar
Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan (STPP) COVID-19 Papua menyatakan hingga saat ini tercatat sebanyak 3.359 orang di provinsi itu dirawat karena positif COVID-19.
 
"Ribuan warga yang positif itu tersebar di 14 kabupaten dan kota dari 20 wilayah yang terpapar," kata jubir STPP COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule di Jayapura, Selasa malam.
 
Dijelaskannya bahwa dari laporan yang diterima terungkap sebagian besar warga yang positif COVID-19 itu menjalani karantina mandiri.
 
Ia mengakui bahwa banyak pasien positif COVID-19 yang menjalani karantina mandiri dan rata-rata sakit ringan.

Sedangkan bagi yang sakit sedang dan berat dirawat di 16 rumah sakit rujukan.
 
Secara kumulatif hingga Senin (19/10) 2020 warga Papua yang positif COVID-19 tercatat 8.657 orang, 5.158 orang di antaranya sembuh dan 140 orang meninggal.
 
Adapun enam kabupaten yang saat ini jadi zona hijau, kata Silwanus Sumule, yaitu Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Pegunungan Bintang, Waropen dan Kab.Puncak Jaya, jelas dr. Silwanus Sumule.
 
Sementara itu Kadinkes Kota Jayapura dr Ni Nyoman Sri Antari secara terpisah mengakui dari 1.880 orang positif yang dirawat itu ada yang di Rumah Sehat Sahid dan LPMP Kotaraja sebanyak 246 orang.
 
Memang sebagian besar warga yang positif melakukan karantina mandiri karena keterbatasan tempat penampungan menyebabkan tidak semua warga yang positif dikarantina terpusat.
 
Karena itu pihaknya berharap bagi warga yang positif benar-benar melakukan karantina guna memutus rantai penyebaran COVID-19 dan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak serta rajin mencuci tangan, demikian Ni Nyoman Sri Antari.

Baca juga: Warga Papua positif COVID-19 yang dirawat 2.760 orang, sebut satgas

Baca juga: 25 persen ASN positif, Papua segera berlakukan bekerja dari rumah

Baca juga: STPP sebut 123 warga di Papua meninggal akibat positif COVID-19

Baca juga: Terus bertambah, positif COVID-19 Kota Jayapura jadi 4.264 kasus

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020