Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) di Jakarta Timur mendeklarasikan kesiapan menjaga kondusivitas wilayah saat berlangsung aksi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (20/10).

Deklarasi dipimpin Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Otista, Jatinegara, Senin.

"Kami telah membentuk wadah untuk ormas-ormas di Jakarta Timur bernama Koordinasi Ormas Besar Jakarta Timur, sehingga kalau ada yang berpotensi, segera koordinasi," kata Arie.

Belasan pimpinan ormas diberikan pengarahan seputar semangat nasionalisme serta sejumlah peraturan dalam aktivitas penyampaian pendapat di muka umum.

Sejumlah ormas yang hadir di antaranya Forum Betawi Rempug (FBR), Pemuda Pancasila (PP), Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Laskar Merah Putih (LMP), GP Anshor, hingga Badan Pembina Potensi Keluarga Besar ( BPPKB) Banten.

Arie berpesan kepada seluruh ormas yang akan menggelar aksi di Istana Merdeka Jakarta Pusat, untuk mengantisipasi provokasi yang dapat memicu perbuatan anarkis.

"Situasi sekarang kita berikrar semua ormas jaga nama baik Jakarta Timur, tidak boleh terprovokasi apalagi ikut serta berbuat anarkis. Kita punya visi yang sama, Jaktim harus kondusif," katanya.

Baca juga: 6.000 personel keamanan disiagakan jaga aksi di Istana Merdeka besok
Baca juga: Polda Metro tetapkan 131 tersangka ricuh demo Omnibus Law
Pimpinan ormas di Jakarta Timur menandatangani deklarasi damai bersama kepolisian di GOR Otista, Jatinegara, Senin (19/10/2020), menjelang aksi di kawasan Istana, Jakarta Pusat. (ANTARA/HO-Humas Polrestro Jaktim)

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengatakan sebanyak 6.000 petugas keamanan disiagakan untuk menjaga aksi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Selasa (19/10).

"Kalau di sekitar Istana, sudah kita petakan sekitar 6.000 personel keamanan," ujarnya.

Pihaknya telah mendapatkan pemberitahuan terkait adanya aksi yang ditujukan untuk Istana Merdeka, namun belum diketahui tuntutan aksi tersebut.

"Mereka nanti gabungan massanya, ada dari mahasiswa, ada dari ormas, ada beberapa elemen yang akan turun," ujar Heru.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020